Strategi Futsal Coach Panca Pauji: Pahami Kekuatan Skuad

MNC Media ยท Minggu, 11 April 2021 - 09:50:00 WIB
Strategi Futsal Coach Panca Pauji: Pahami Kekuatan Skuad
Coach Panja Pauji (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id- Olahraga futsal kian digemari masyarakat sehingga banyak klub bermunculan. Peran pelatih dalam olahraga futsal sangat penting.

Kini Indonesia memiliki sejumlah pelatih-pelatuih berbakat dalam dunia futsal. Setidaknya kini Indonesia memiliki 53 pelatih futsal berlisensi AFC Level 2, di antaranya Panca Pauji, yang sejak 2020 ditunjuk sebagai Head Coach klub DB Asia. Selain itu, Indonesia juga memiliki 527 pelatih dengan lisensi AFC Level 1, dan 1950 pelatih level nasional.

Lantas apa yang membedakan pelatih level 2 AFC seperti Coach Panca dengan pelatih futsal level 1 AFC maupun nasional?

Kursus pelatih futsal level 1 AFC dimulai dari mempelajari dasar-dasar futsal. Lalu pada level 2 AFC, peserta akan mendapatkan ilmu kolektivitas, yang diyakini sangat penting karena akan berkaitan erat dengan penentuan strategi pelatih, seperti formasi menyerang contohnya.

Dalam futsal, taktikal formasi dibagi menjadi 3 proses, yaitu menyerang, transisi, dan bertahan. Pada taktik menyerang, terdapat beberapa formasi yang lazim digunakan team futsal yaitu 3 -1, 1–2–1, 2–2, dan 4-0.

"Menentukan formasi mana yang akan saya pilih harus didasari atas SDM pemain yang saya miliki terlebih dahulu, ada banyak hal yang perlu diperhatikan seperti kedalaman skuad, karakter pemain dan tentu disesuaikan dengan strategi yang digunakan lawan saat lawan sedang defend," kata Coach Panca dalam keterangan Minggu (11/4/2021).

Sebagai contoh, saat mengimplementasikan formasi 1-2-1, seorang pelatih tentu berharap agar timnya dapat menguasi jalan pertandingan karena menurunkan 2 pemain flank/sayap sekaligus. Pemain flank, pada umumnya identik dengan pemain kunci karena pergerakannya seringkali mengubah jalannya pertandingan.

Atau mungkin seorang pelatih menerapkan formasi 2-2 dengan 2 pemain belakang dan 2 flank. Mungkin juga bisa 2 pemain belakang dan 2 pemain dengan posisi pivot/penyerang murni. Penentuan karakter pemain itulah yang membutuhkan kepiawaian pelatih, dan ilmu taktikal seperti itu yang didapat oleh peserta kursus level 2 AFC.

"Tentu pada futsal sangat sulit untuk menetapkan 1 sistem formasi saja saat bertanding, karena futsal sangat dinamis dan fleksibel," ujar.

Editor : Ibnu Hariyanto

Halaman : 1 2