Tingkatkan SDM Futsal, AFP Sulsel Gelar Pelatihan Wasit Level 2

MNC Media · Sabtu, 05 Juni 2021 - 17:38:00 WIB
Tingkatkan SDM Futsal, AFP Sulsel Gelar Pelatihan Wasit Level 2
Wasit punya peran penting untuk menjaga kelancaran pertandingan futsal. Atas dasar itu AFP Sulawesi Selatan menyelenggarakan pelatihan wasit level 2. (Foto: MNC Media)

MAKASSAR, iNews.id - Wasit punya peran penting untuk menjaga kelancaran pertandingan futsal. Atas dasar itu Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulawesi Selatan menyelenggarakan pelatihan wasit level 2.

Ini dilakukan demi meningkatkan kualitas SDM wasit futsal di provinsi Sulawesi Selatan. Dengan diadakannya pelatihan ini nantinya diharapkan tidak ada lagi pertandingan futsal yang melibatkan wasit tanpa lisensi.

Pelatihan berlangsung di Makassar sejak 1 Juni dan akan berakhir 5 Juni 2021, diikuti 38 peserta termasuk 1 peserta wanita. Peserta wanta satu-satunya Hamgina, S.Pd mengatakan, di tempat asalnya di Kabupaten Luwu Utara belum ada wasit futsal wanita, apalagi yang berlisensi. Untuk itu ia ingin menjadi wasit wanita pertama berlisensi di daerah asalnya dan berniat menularkan kemampuannya kepada  orang-orang di daerahnya.

“Tentu yang pertama saya akan mencoba mengaplikasikan dulu di daerah saya terutama peserta didik saya di sekolah, memperbanyak jam terbang agar terbiasa memimpin pertandingan, dan apabila diberikan kesempatan, kesehatan serta ada rejekinya, insya allah saya akan mengikuti lisensi selanjutnya (Level 3 nasional)," kata Hamgina.

Materi pelatihan wasit level 2 oleh AFP Sulsel ini mencakup aspek-aspek mendasar yang harus dikuasai seorang wasit dalam memimpin pertandingan futsal: 
1. Fitness Test Pertama
2. LOTG Trivia (Teori 1)
3. LOTG Trivia (Teori 2)
4. Signal dan Perpindahan Posisi
5. Praktek Memimpin
6. Pre-Match Briefing Referee (Teori 3)
7. Tes Trivia dan Video (Test Akhir)

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda