Tunjukkan Gejala Covid-19, Pelatih Tunggal Putra PBSI Berstatus PDP

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 17:14 WIB
Tunjukkan Gejala Covid-19, Pelatih Tunggal Putra PBSI Berstatus PDP

Pelatih Tunggal Putra PBSI Hendry Saputra (foto: okezone)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Pelatih Tunggal Putra PBSI, Hendry Saputra, dipastikan berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19. Dia diketahui menunjukkan gejala-gejala setelah kembali dari mendampingi tim Indonesia di All England 2020.

PBSI mengirim mengirim 24 pebulutangkis serta 12 ofisial ke gelaran All England 2020 pekan kemarin. Sesampainya di Jakarta, para atlet dan ofisial isolasi diri di Pelatnas Cipayung selama 14 hari.

Saat menjalani isolasi mandiri, Hendry Saputra mengeluh kondisi kesehatannya menurun yang membuatnya berstatus PDP. Setelah itu, PBSI memberlakukan aturan ketat keluar-masuk orang di Pelatnas Cipayung.

“Memang betul, saat ini Hendry Saputra dinyatakan sebagai PDP dan masih harus mengikuti serangkaian test Covid-19. Kami telah menerima laporan dari tim dokter bahwa Hendry tengah menunggu swab test untuk memastikan apakah positif Covid-19 atau tidak,” kata Sekjen PBSI, Achmad Budiharto, dikutip dari laman resmi PBSI.

Hingga saat ini, hasil pengetesan coach Hendry masih belum menunjukkan hasil. Namun, sejumlah gejala Covid-19 dirasakan oleh sang pelatih, sehingga harus ditangani lebih lanjut.

“Gejala awal yang disampaikan coach Hendry itu dia merasa demam, lemas, mual, makanan tidak bisa masuk. Setelah dilakukan CT Scan, banyak flek di paru-paru kiri, sedangkan coach Hendry tidak ada riwayat sakit paru sebelumnya,” ujarnya.

“Untuk memastikan bahwa apakah terjangkit Covid-19, memang harus dilakukan swab test. Ini yang masih kami tunggu sampai sekarang,” tutur Budiharto.

Lebih lanjut, PBSI juga sudah melaporkan kondisi Hendry yang kini berstatus PDP ke Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). Dengan begitu, bisa dirunut siapa saja yang berinteraksi dengan Henry ketika berada di Birmingham, Inggris.

“Betul, akan kami laporkan ke BWF hari ini, karena Hendry merupakan salah satu dari anggota tim yang ke All England. Saat ini PBSI juga terus berusaha untuk menekan potensi penyebaran Covid yang tengah mewabah di Indonesia, salah satunya dengan kebijakan menutup full akses pelatnas,” ucapnya.


Editor : Arif Budiwinarto