Usir Tim Indonesia dari All England 2021, BWF Akhirnya Minta Maaf

Abdul Haris ยท Jumat, 19 Maret 2021 - 05:49:00 WIB
Usir Tim Indonesia dari All England 2021, BWF Akhirnya Minta Maaf
Federasi Badminton Dunia (BWF) `mengusir` wakil Indonesia dari All England 2021. Mereka mengklaim hanya menjalankan protokol kesehatan pemerintah Inggris. (Foto: BWF)

BIRMINGHAM, iNews.id - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) akhirnya menyampaikan permohonan maafnya karena terpaksa mengusir tim Indonesia dari All England 2021. Pernyataan tersebut disampaikan dalam pernyataan resmi pada Kamis (18/3/2021) malam waktu setempat atau Jumat (19/3/2021) dini hari WIB.

Selain tim Indonesia, BWF juga memaksa wakil Turki Neslihan Yigit mundur dari turnamen bulu tangkis Super 1.000 itu. Alasannya, Yigit dan Tim Merah Putih berada dalam satu pesawat bersama orang yang terdeteksi positif Covid-19.

Menurut BWF, perintah untuk memaksa mundur Tim Indonesia dan Yigit itu berdasarkan perintah Badan Pemerintah  Inggris  bernama  National  Health  Service  (NHS)  Test  and  Trace. Namun, konfirmasi penerimaan tidak diteruskan ke BWF dan Federasi Bulu Tangkis Inggris (Badminton England) hingga Kamis pagi waktu setempat.

"BWF dan Badminton England ingin mengklarifikasi, keputusan untuk melaksanakan isolasi mandiri  bagi Tim  Indonesia  serta  rombongannya,  dan  sekarang  Yigit  selama  10  hari,  dibuat secara independen oleh NHS Test and Trace," bunyi pernyataan BWF di situs resminya.  

"Keputusan ini sesuai dengan syarat dan protokol COVID-19 dari pemerintah Inggris yang berlaku diperundang-undangan nasional, dan terpisah  dari  pedoman  yang  ditetapkan BWF dan prosedur standar operasional Badminton England untuk YONEX All England Open 2021," lanjut pernyataan tersebut.

Editor : Abdul Haris

Halaman : 1 2