Valentino Rossi Dukung Radio Komunikasi di MotoGP Seperti Formula 1

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 13 September 2020 - 18:36 WIB
Valentino Rossi Dukung Radio Komunikasi di MotoGP Seperti Formula 1

Pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi. (Foto: GPOne)

MISANO, iNews.id - Dorna Sports yang menjadi penyelenggara MotoGP mengajukan ide untuk menggunakan radio komunikasi ketika balapan. Meski banyak mendapat pertentangan, Valentino Rossi justru mendukungnya.

Selama ini, satu-satunya media komunikasi antara rider dengan pit adalah melalui pit-board. Dengan alat itu pula, tim dan juga panitia balapan bisa memberikan berbagai macam informasi.

Di era komunikasi yang sangat mudah, Dorna merasa sekarang sudah saatnya MotoGP menggunakan radio komunikasi. Dengan begitu, pembalap bisa mengetahui berbagai informasi lebih mudah.

Banyak pembalap yang dengan tegas menolak ide tersebut. Mereka merasa radio komunikasi akan membuat MotoGP akan terasa seperti Formula 1 (F1). Mereka tak mau hal tersebut terjadi.

Meski begitu, Rossi yang memiliki pengalaman balapan dengan mobil, justru mendukung gagasan tersebut. Dia merasa radio komunikasi akan bagus untuk MotoGP.

“Saya menyukainya. Bagi saya, ini merupakan hal bagus. Saya memang pembalap lama, tetapi juga menyukai balapan mobil,” kata Rossi dikutip Crash, Minggu (13/9/2020).

“Saat balapan mobil, semua bisa berkomunikasi dengan anggota tim lainnya di pit. Hal ini akan menjadi langkah maju untuk MotoGP,” ujarnya.

Pembalap asal Italia itu bahkan yakin radio komunikasi akan membuat persaingan semakin seru. Dia bahkan tak ragu menyebut F1 merupakan balapan terbaik di dunia.

“Saya rasa MotoGP memang lebih menyenangkan ketimbang F1, karena persaingan yang ketat. F1 adalah puncak olahraga bermotor di dunia dan performa mobilnya luar biasa,” tutur Rossi.

“Di F1, kami mendengar transmisi radio yang terkadang lucu dan menarik. Sebagai puncak balapan roda dua, komunikasi dengan garasi akan meningkatkan level,” ucapnya.

Editor : Abdul Haris