Vinales Persembahkan Kemenangan MotoGP Malaysia untuk Afridza Munandar

Reynaldi Hermawan ยท Minggu, 03 November 2019 - 19:46 WIB
Vinales Persembahkan Kemenangan MotoGP Malaysia untuk Afridza Munandar

Pembalap Monster Energy Yamaha Maverick Vinales. (Foto: Mohd RASFAN/AFP)

SEPANG, iNews.id – Pembalap Monster Energy Yamaha Maverick Vinales mendedikasikan kemenangannya di Grand Prix (GP) Malaysia 2019, Minggu (3/11/2019) sore, untuk pembalap Indonesia Afridza Munandar yang baru saja meninggal dunia.

Vinales menjadi yang tercepat mengungguli Marc Marquez (Repsol Honda) di tempat kedua dan Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) di tangga ketiga. Baginya, itu merupakan kemenangan kedua pada musim ini setelah GP Belanda.

Sesaat seusai balapan, pria Spanyol itu mengungkapkan rasa semringah bisa mengalahkah sang juara bertahan, Marquez. Vinales mempersembahkan kemenangan tersebut untuk Afridza yang tewas di Sirkuit Sepang, Sabtu (2/11/2019) kemarin.

Mentas pada ajang Asiant Talent Cup 2019, Afridza terjatuh saat lomba baru berjalan satu putaran. Pada tikungan ke-10, dia terlibat kontak dengan pembalap asal Jepang, Shinji Ogu hingga terhempas ke lintasan sekaligus merenggut nyawanya.

“Saya dedikasikan kemenangan ini untuk pembalap yang meninggal kemarin (Afridza). Dia pembalap favorit saya di Asian Talent Cup,” kata Vinales di laman MotoGP.

Terlepas dari hal tersebut, kemenangan di Sepang sekaligus mengobati kekecewaan Vinales yang gagal finis di GP Australia, pekan lalu. Beraksi Sirkuit Philip Island, pembalap 24 tahun itu terjatuh ketika berusaha menyalip Marquez.

“Balapan yang bagus akhir pekan ini. Saya merasa punya potensi menang sejak lap pertama. Saya memimpin sejak awal dan terus menekan. Saya senang dengan pekerjaan hari ini setelah pekan lalu di Australia jatuh,” ujarnya.

Berkat tambahan 25 poin, Vinales naik ke posisi ketiga sementara dengan mengepak nilai 201, menggeser Alex Rins (Suzuki Ecstar) ke posisi keempat. Kini, kedua pembalap tersebut akan bersaing untuk finis di peringkat ketiga musim ini pada balapan pamungkas di GP Valencia, dua pekan lagi.


Editor : Haryo Jati Waseso