10 Musim Mengabdi, Sergio Aguero Tinggalkan Manchester City Akhir Musim Ini

Andika Pratama ยท Selasa, 30 Maret 2021 - 05:39:00 WIB
10 Musim Mengabdi, Sergio Aguero Tinggalkan Manchester City Akhir Musim Ini
Sergio Aguero resmi meninggalkan Manchester City akhir musim ini. Dia hengkang dari Etihad Stadium setelah 10 tahun mengabdi. (Foto: REUTERS)

MANCHESTER, iNews.id Sergio Aguero resmi meninggalkan Manchester City akhir musim ini. Dia hengkang dari Etihad Stadium setelah 10 tahun mengabdi.

Kontrak Aguero berakhir pada 30 Juni 2021. Hal tersebut yang membuat masa depan penyerang Argentina itu terus dispekulasikan. 

Tapi kini semuanya sudah jelas. Aguero akan dilepas klub pada musim panas nanti secara gratis.

“Kontribusi Sergio untuk Manchester City selama 10 tahun terakhir tidak bisa dikesampingkan. Dia akan dikenang sebagai legenda. Dia juga akan terukir dan tak terhapuskan dalam ingatan semua orang yang mencintai Klub dan mungkin mereka yang mencintai sepak bola," kata petinggi City Khaldoon Al Mubarak dikutip dari laman resmi klub.

"Ini belum saatnya untuk kata-kata perpisahan dan pidato. Masih banyak yang harus dicapai di sisa waktu yang kami miliki bersama Sergio. Kami menantikan kontribusinya untuk tantangan yang ada di depan," ujarnya.

Sejak dibeli dari Atletico Madrid pada musim panas 2011, Aguero membantu City untuk menobatkan diri sebagai kekuatan baru di sepak bola Inggris. Dia adalah sosok penting di balik keberhasilan Man City menjuarai Liga Inggris 2011/2012.

Gol telat Aguero dalam pertandingan pamungkas kontra Queens Park Rangers (QPR) di Etihad Stadium tidak cuma mengantarkan City menang 3-2, tetapi juga membawa The Citizens menjadi kampiun Liga Inggris musim itu. City mengoleksi poin yang sama dengan Manchester United, yaitu 89, tetapi unggul selisih gol.

Prestasi lain dicatatkan Aguero dalam buku sejarah City dengan menjadi top skor sepanjang masa klub. Pemain berumur 32 tahun itu mencetak 257 gol dalam 384 pertandingan.

Selain itu, Aguero juga merupakan pemain asing dengan gol terbanyak dalam sejarah Liga Inggris. Dia telah mencetak 181 gol dalam 271 penampilan di Liga Inggris.

Aguero menempati posisi keempat dalam daftar top skor sepanjang masa Liga Inggris dengan catatan golnya itu. Dia hanya berjarak enam gol dari torehan Andy Cole yang kemungkinan besar bisa disamai atau bahakn dilampainya pada akhir musim ini.

Aguero membantu City meraih 13 trofi domestik hingga saat ini. Jumlah trofi Aguero bersama City bisa bertambah pada akhir musim ini karena City masih aktif di semua kompetisi.

Sementara itu, kepergian Aguero menandakan berakhirnya sebuah era untuk City. Sebelumnya, City juga telah melepas Vincent Kompany (musim panas 2019) dan David Silva (musim panas 2020) yang telah berkontribusi besar untuk klub.

Editor : Reynaldi Hermawan