5 Calon Pengganti Maurizio Sarri di Juventus, Nomor 2 Pelatih Muda

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 09:00 WIB
5 Calon Pengganti Maurizio Sarri di Juventus, Nomor 2 Pelatih Muda

Pelatih Juventus Maurizio Sarri. (Foto: Sky Sport Italia)

TURIN, iNews.id – Pelatih Juventus Maurizio Sarri berhasil membawa Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan juara Serie A musim ini. Sayangnya prestasi tersebut tak membuat dirinya bebas dari ancaman pemecatan.

Pasalnya tifosi Si Nyonya Tua kurang puas dengan racikan Sarri yang inkonsisten. Klub Turin itu bisa dibilang terengah-engah untuk mengamankan scudetto untuk kesembilan kalinya secara beruntun.

Sebelum juara liga, Juventus juga kalah pada final Coppa Italia dan Piala Super Italia. Mereka kini terancam tersingkir di Liga Champions lantaran kalah 0-1 dari Olympique Lyon pada leg pertama 16 Besar.

Sejumlah nama muncul ke publik sebagai sosok pengganti ideal Sarri. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya dikutip Sportskeeda


 
1. Mauricio Pochettino

Eks pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino  (Foto: Sky Sports)

Nama juru taktik Argentina yang satu ini sudah lama dikaitkan dengan Juventus. Pochettino masih menganggur usai dipecat Tottenham Hotspur tahun lalu. Mantan pelatih Espanyol itu sempat menolak tawaran dari AS Monaco karena ingin menangani tim yang lebih besar.

Juventus adalah klub yang pas. Tangan dinginnya berguna untuk Si Nyonya Tua. Pochettino jago mengorbitkan pemain. Contohnya Harry Kane, Dele Alli dan Son Heung-min. Taktiknya juga mampu membawa Tottenham ke final Liga Champions untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

2. Andrea Pirlo

Andrea Pirlo dikontrak sebagai pelatih Juventus U-23 (Foto: AS)

Pirlo baru saja ditunjuk menangani Juventus U-23. Media Italia  kompak menyebutkan kalau manajemen klub bakal memproyeksikan dirinya sebagai pengganti Sarri di masa yang akan datang.

Juventus akan melihat racikan tangannya bersama tim junior. Jika bagus, bukan tidak mungkin dia akan dipromosikan ke tim senior. Saat ini Sarri dan Pirlo sama-sama memiliki kontrak sampai 2022.

3. Luciano Spalletti

Spalletti dikenal sebagai pelatih disiplin. Hal tersebut dia terapkan agar para pemainnya bisa menampilkan sepak bola yang menyenangkan. Jika Juventus ingin mencari allenatore yang berpengalaman di Liga Italia, sosok satu ini adalah yang paling tepat.

Sepanjang karier Spalletti sudah banyak menangani tim Negeri Pizza seperti Empoli, Sampdoria, Venezia, Udinese, Ancona, AS Roma dan terakhir Inter Milan. Kini dia masih

4. Laurent Blanc

Tidak ada yang bisa mengesampingkan racikan Blanc. Dia sebelumnya pernah menangani Timnas Prancis, Bordeaux dan Paris Saint-Germain (PSG). Mantan pemain Barcelona itu menjuarai Ligue 1 dengan dua klub tersebut.

Tapi kariernya paling mentereng terukir bersama Les Parisiens. Blanc membawa Klub Ibu Kota Prancis itu meraih treble winners di kancah domestik yakni Ligue 1, Piala Prancis dan Piala Liga Prancis dua musim beruntun.

5. Marcelino Garcia

Marcelino Garcia Toral. (Foto: The Sun)

Garcia dipecat Valencia awal musim ini. Tapi kebijakan klub itu patut dipertanyakan. Sebab dia yang berjasa membawa klub berlogo kelelawar itu finis di empat besar dalam empat musim beruntun.

Garcia pula yang membawa Los Che juara Copa del Rey musim lalu usai menghajar Barcelona di final. Dia merupakan pelatih yang suka membangun tim di lini tengah dan sektor sayap. Juventus banyak memiliki pemain mumpuni di dua posisi tersebut.

Editor : Abdul Haris