5 Klub Sepak Bola Malaysia yang Sering Pakai Pemain Asal Indonesia, Ada yang Langganan dari Era 80-an

Rilo Pambudi ยท Selasa, 16 Agustus 2022 - 18:45:00 WIB
5 Klub Sepak Bola Malaysia yang Sering Pakai Pemain Asal Indonesia, Ada yang Langganan dari Era 80-an
Pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat resmi memperkuat klub Malaysia, Johor Darul Ta`zim. (Foto: Instagram/@officialjohor)

JAKARTA, iNews.id - Ada sejumlah klub sepak bola Malaysia yang sering pakai pemain asal Indonesia. Hal itu membuktikan bahwa tidak selamanya rivalitas antar Timnas Indonesia dan Malaysia membatasi para pemain untuk bermain di negara lawan.

Klub-klub Malaysia yang sering merekrut pemain asal Indonesia itu juga bukan tim rendahan. Klub-klub tersebut adalah tim-tim besar yang cukup mendominasi di Liga Super Malaysia.

Itu menandakan bahwa pemain Indonesia yang direkrut juga bukan pemain dengan kualitas sembarangan. Nama-nama yang pernah bermain di klub asal Malaysia paling tidak pernah cemerlang dan membela Timnas Indonesia.

Lantas, klub mana saja yang sering memboyong pemain asal Indonesia? Berikut ini adalah ulasannya yang dilansir iNews.id, Selasa (15/8/2022).

5 Klub Sepak Bola Malaysia yang Sering Pakai Pemain Asal Indonesia:

1. Johor Darul Takzim

Salah satu klub raksasa Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT) memiliki amunisi pemain dari Indonesia. Sebut saja Syahrian Abimanyu, yang pernah bermain untuk JDT pada 2020 silam.

Syahrian Abimanyu saat itu diboyong dari Madura United. Setelah dua musim, pemain berusia 23 tahun itu pulang ke Tanah Air dan bergabung dengan klub Ibu Kota, yaitu Persija Jakarta. 

JDT adalah salah satu klub tersukses di Malaysia. Mereka jadi tim terbanyak yang menjuarai Liga Malaysia. Abimanyu sempat mencicipi satu gelar Liga Malaysia di JDT. Dikutip dari Transfermarkt, JDT setidaknya telah mengoleksi delapan gelar Liga Malaysia. Mereka juga pernah membawa pulang Piala AFC pada tahun 2015.

2. Kuala Lumpur FC 

Berikutnya, ada klub Kuala Lumpur FC yang menjadi salah satu klub papan atas Malaysia. Klub asal Ibukota Negeri Jiran ini diketahui pernah memboyong salah satu pemain Indonesia.

Ia adalah gelandang bertahan yang kini bermain untuk Persib Bandung, Achmad Jufriyanto. Pemain asal Tangerang yang kini berusia 35 tahun itu punya riwayat pindah ke Malaysia pada 2018. Namun, Achmad Jufriyanto hanya satu tahun sebelum akhirnya balik ke Persib Bandung.

3. Selangor FC

Salah satu klub elite di Liga Malaysia, Selangor FC tentu sudah tidak asing lagi lantaran cukup sering membawa pemain dari Indonesia. Sejumlah pemain muda hingga senior dari Indonesia pernah dibajak untuk bergabung di Malaysia.

Nama-nama besar seperti Andik Vermansyah pernah hengkang Persebaya di tahun 2013 dan mengabdi di sana selama lima tahun. Selain itu, sebelumnya nama sekelas Bambang Pamungkas juga pernah menjajal bermain untuk Selangor FC.

Hingga yang terakhir, Selangor FC sempat merekrut duo pemain muda Indonesia, Evan Dimas Darmono (2018-2019) dan Ilham Udin Armaiyn (2017-2019). 

Klub yang bermarkas di Stadion Majlis Perbandaran Selayang itu memang termasuk klub disegani di Malaysia. Dilansir dari Transfermarkt, Selangor FC sudah mengoleksi 3 gelar Liga Malaysia.

4. PKNS FC

Salah satu klub asal Selangor ini juga diketahui sering bergerilya memburu pemain Indonesia. Meski tak  semoncer Selangor FC, PKNS berani memboyong sejumlah pemain ternama asal Indonesia.

Sebut saja seperti sosok Hamka Hamzah yang pernah hijrah ke PKNS FC pada tahun 2014. Namun, Hamka Hamzah hanya bertahan beberapa bulan sebelum akhirnya dijemput oleh Borneo FC untuk kembali bermain di Tanah Air.

PKNS FC juga sempat dikaitkan dengan sejumlah talenta muda Indonesia. Antaran lain seperti Septian David dan Egy Maulana Vikri. Namun, PKNS FC tidak pernah berhasil mendapatkan keduanya.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda