5 Klub Ukir Dongeng Indah di Dunia Sepak Bola, Nomor 4 Bikin Barcelona dan Real Madrid Merana

rio eristiawan ยท Senin, 01 Agustus 2022 - 18:15:00 WIB
5 Klub Ukir Dongeng Indah di Dunia Sepak Bola, Nomor 4 Bikin Barcelona dan Real Madrid Merana
Foto: Ist

MADRID, iNews.id - Ada 5 klub ukir dongeng indah di dunia sepak bola. Salah satunya bikin dua raksasa Spanyol Barcelona dan Real Madrid merana.

Kisah indah tak hanya ada di cerita dongeng saja, tetapi terjadi dalam dunia sepak bola. Banyak tim yang tidak diduga-duga bisa meraih gelar juara dan dikenang sepanjang sejarah.

Berikut 5 klub ukir dongeng indah di dunia sepak bola:

1. Dundee United

Foto: Ist

Rangers dan Celtic merupakan dua klub asal Glasgow dan menjadi tim yang mendominasi Liga Skotlandia. Keduanya sukses berbagi 80 persen gelar yang tersedia di tanah para Highlander.

Namun pada tahun 1982/1983, dominasi Rangers dan Celtic harus terhenti di tangan Dundee United. Ketika itu, tim yang dilatih oleh Jim McLean berhasil finis posisi puncak mengalahkan Glasgow Celtic dengan torehan 56 poin.

Catatan tersebut sukses membuat mereka mentas di Eropa untuk musim berikutnya. Prestasi tersebut bahkan belum bisa mereka ulangi sampai hari ini.

Di pentas Eropa, Dundee United berhasil mengalahkan Barcelona sebanyak dua kali di ajang Piala UEFA pada musim 1986 di fase perempat final. Dalam dua leg yang dimainkan di Dundee dan Catalan, tim yang bermarkas di Tannadice Park itu menang 2-1 dan 1-0.

2. Nottingham Forrest

Foto: Ist

Usai gagal mendapatkan prestasi bagus bersama Leeds United dan haya melatih selama 44 hari, Brian Clough mendapatkan kesempatan kedua untuk memperbaiki namanya sebagai seorang pelatih. Dia dipercaya untuk melatih Nottingham Forrest pada 1975.

Clough ditargetkan oleh manajemen tim untuk membawa Nottingham Forrest promosi ke divisi utama. Dia pun berhasil mencapai target di musim perdanya menjadi pelatih The Tricky Trees -julukan Nottingham Forrest.

Pelatih asal Inggris itu pun berhasil membawa Nottingham Forrest menjadi juara Divisi Utama (setara Premier League) pada 1977. Keberhasilan tersebut membuat namanya menjadi perbincangan publik.

Tak berhenti sampai di situ, dua musim berselang, duet Peter Taylor dan Clough sukses membawa Nottingham Forrest meraih dua gelar Liga Champions secara berturut-turut menyamai prestasi yang ditorehkan Bill Shankly bersama Liverpool. Namun keberhasilan tersebut belum bisa mereka ulangi sampai hari ini.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda