5 Pemain Top yang Pernah Bela 2 Negara, Nomor 1 Dikenal Kontroversial

Reynaldi Hermawan ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 10:46:00 WIB
5 Pemain Top yang Pernah Bela 2 Negara, Nomor 1 Dikenal Kontroversial
Ilustrasi sepak bola (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id – Dalam dunia sepak bola, seorang pemain bisa membela dua tim nasional berbeda. Hal ini diperbolehkan FIFA dengan memenuhi syarat-syarat tertentu.

Dalam statuta FIFA disebutkan, pemain hanya boleh sekali berganti kewarganegaraan. Namun pemain itu belum pernah tampil dengan tim senior di pertandingan resmi. Jadi jika bermain untuk level junior, dia bisa mengganti status kewarganegaraannya dan boleh memperkuat timnas lain.

Sejauh ini sudah ada beberapa pemain yang menerapkan hal tersebut. Dari sekian banyak nama, sedikitnya ada lima pemain yang cukup menarik perhatian. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Diego Costa


Striker Atletico Madrid ini lahir di Brasil. Namun ketika dewasa, dia memutuskan bermain untuk Timnas Spanyol.

Keputusannya sempat mengundang kontroversi. Sebab Diego Costa pernah memperkuat Timnas Brasil senior di laga uji coba kontra Rusia dan Italia. Namun karena tidak masuk agenda resmi FIFA, maka Costa diperbolehkan pindah membela timnas lain.

2. Kevin Prince Boateng


Mantan pemain AC Milan ini lahir dan besar di Jerman. Ketika muda, dia pernah dipercaya memperkuat Timnas Jerman U-19 dan U-21.

Tapi saat menembus level senior, Boateng memutuskan pindah ke Timnas Ghana. Itu merupakan negara kelahiran sang ayah. Sementara adiknya, Jerome Boateng tetap bermain di Timnas Jerman.

3. Ivan Rakitic


Pengalaman pertama Ivan Rakitic di level internasional yaitu memperkuat Timnas Swiss U-17, U-19, dan U-21. Namun dia lebih memilih untuk memperkuat Timnas Kroasia pada 2007 lantaran dibujuk pelatih Slaven Bilic.

Dari situ perannya untuk Timnas Kroasia tidak tergantikan. Gelandang andalan Barcelona tersebut berjasa membawa negaranya finis di peringkat dua Piala Dunia 2018.

4. Hakim Ziyech


Pemain anyar Chelsea kelahiran Dronten itu sempat memperkuat Timnas Belanda U-19, U-20, dan U-21. Namun pada 2015, Ziyech akhirnya memutuskan untuk membela Maroko, negara asal orang tuanya.

Dia melakoni debut ketika Timnas Maroko kalah 0-1 dari Pantai Gading di laga uji coba. Sampai saat ini Ziyech sudah melakoni 32 pertandingan dan mencetak 14 gol di laga resmi.

5. Victor Moses


Victor Moses lahir di Negeria. Namun dia tumbuh di Inggris dan mengembangkan karier sepak bolanya di Negeri Ratu Elizabeth.

Sewaktu muda, pemain Inter Milan ini pernah tampil untuk Timnas Inggris U-16, U-17, U-19, dan U-21. Tapi saat masuk level senior, dia memilih Timnas Nigeria dan sudah bermain 37 kali.


Editor : Bagusthira Evan Pratama