5 Penunjukan Pelatih yang Bikin Heboh Dunia Sepak Bola, Nomor 3 Paling Dramatis

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Senin, 22 Februari 2021 - 12:00:00 WIB
5 Penunjukan Pelatih yang Bikin Heboh Dunia Sepak Bola, Nomor 3 Paling Dramatis
Arsene Wenger (foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Penunjukan pelatih adalah momen krusial bagi sebuah klub atau Timnas. Sebab hal tersebut mempengaruhi kinerja skuuat di masa yang akan datang.

Ada beberapa momen penunjukan pelatih yang bikin heboh dunia lantaran proses perekrutan yang sangat singkat atau sosok juru taktik yang bersangkutan masih minim pengalaman.

Setidaknya ada lima momen penunjukan pelatih yang bikin geger dunia sepak bola. Berikut ulasan selengkapnya dikutip dari Sportskeeda, Minggu (21/2/2021):

1. Gary Neville

Gary Neville. (Foto: Talksport)
Gary Neville. (Foto: Talksport)

Neville ditunjuk melatih Valencia pada 2015. Keputusan manajamen klub mengejutkan para penggemar Los Che.

Sebab legendaris Manchester United (MU) itu masih minim pengalaman melatih. Selain itu Nevilla juga tak fasih berbahasa Spanyol. 

Keraguan penggemar Valencia terbukti. Di laga perdana Neville melatih, klub berlogo kelelewar itu kalah 0-2 dari Olympique Lyon pada penyisihan grup Liga Champions dan membuat mereka turun kasta ke Liga Europa. 

Setelahnya Valencia tak pernah menang dalam delapan pertandingan beruntun di Liga Spanyol. Neville akhirnya dipecat pada 2016 saat Los Che bertengger di posisi ke-14 klasemen.

2. Jose Mourinho

Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho (Foto: News 18)
Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho (Foto: News 18)

Ketika Tottenham Hotspur memecat Mauricio Pochettino pada 2019, tidak ada yang menyangka jika Mourinho yang bakal menjadi penggantinya.

Sebab sebelumnya Maurinho merupakan pelatih klub rival Tottenham yang sama-sama berasal dari London, Chelsea. 

Mourinho membawa Tottenham finis di urutan keenam pada musim pertamanya. Periode 2020/2021 ini dia mengawali kiprah yang luar biasa dengan membantu The Lilywhites mengalahkan MU 6-1.

Namun performa Harry Kane dan kolega merosot dari pekan ke pekan hingga kini duduk di posisi ke-9.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2