6 Fakta Villarreal Juara Liga Europa, Nomor 4 Bikin Kagum

Ibnu Hariyanto · Kamis, 27 Mei 2021 - 09:09:00 WIB
6 Fakta Villarreal Juara Liga Europa, Nomor 4 Bikin Kagum
Villarreal berhasil keluar sebagai juara Liga Europa 2020/2021. Gelar ini merupakan trofi kompetisi Eropa pertama klub berjuluk Kapal Selam Kuning ini. (foto: Twitter)

GDANSK, iNews.id- Villarreal berhasil keluar sebagai juara Liga Europa 2020/2021. Gelar ini merupakan trofi kompetise Eropa pertama klub berjuluk Kapal Selam Kuning ini sepanjang sejarah klub.

Villarreal menang dramatis atas Manchester United di final yang berlangsung di Stadion Energa Gdansk, Polandia, Kamis (27/5/2021). Pertandingan ini sebenarnya berjalan ketat. 

Kedua tim bermain imbang hingga waktu normal dan babak perpanjangan waktu. Villarreal dan MU bermain sama kuat 1-1. Gol Villarreal dicetak Gerard Moreno sedangkan gol balasan MU dicetak Edinson Cavani.

Laga berlanjut ke waktu tambahan dan adu penalti. Akhirnya, MU harus mengakui keunggulan Villarreal di babak adu penalti.

Sebelas penendang Kapal Selam Kuning berhasil menjalankan tugasnya. Namun, berbeda dengan MU, kiper mereka De Gea gagal menjalankan tugas.

Tendangan De Gea dengan mudah ditepis kiper Villarreal Geronimo Rulli. Kekalahan itu memupus harapan MU meraih gelar juara musim ini.

Berikut 6 Fakta Villarreal meraih juara Liga Europa 2020/2021:

1. Villarreal mendapatkan gelar pertama di kompetisi Eropa sepanjang sejarah klub. Prestasi terbaik Villarreal di kompetisi eropa hanyalah babak semi final. Villarreal pernah mencapai tiga kali babak semi final, pertama Liga Champions 2006, Liga Europa tahun 2004 dan 2011.

2. Unai Emery kini menjadi pelatih tersukses di ajang Liga Europa. Total Emery sudah mengoleksi 4 titel. Kini capaian Emery melewati pelatih legendaris Italia Giovanni Trappatoni yang punya 3 trofi.

3. Pemain Villarreal Yeremi Pino menjadi pemain termuda dalam sejarah Piala UEFA atau Liga Europa yang memenangkan kompetisi. Yeremi kini berusia 18 tahun 218 hari. Capaian ini melewati rekor Robin Van Persie.

4. Villarreal memenangkan Liga Europa musim 2020/2021 tanpa menelan kekalahan. Villarreal menjadi satu dari dua klub di abad 21 yang bisa melakukan hal itu. Chelsea lebih dahulu melakukannya di musim 2019.

5. Villarreal menjadi satu dari delapan klub Spanyol yang memenangkan trofi Liga Europa dalam 12 musim terakhir. Saktinya empat di antaranya dimenangkan oleh Unai Emery.

6. MU mengalami kekalahan dramatis di final Liga Europa lawan Villarreal. Dengan kekalahan ini semakin memperpanjang periode puasa gelar Setan Merah. Total MU sudah 4 tahun puasa gelar. MU terakhir kali mencium trofi juara pada musim 2017. Saat itu MU memenangkan Liga Europa dan Piala Liga Inggris.

Editor : Ibnu Hariyanto