7 Kemenangan yang Tidak Terduga dalam Sejarah Piala Dunia, Brasil Punya Kenangan Terburuk

Rilo Pambudi ยท Kamis, 01 Desember 2022 - 21:46:00 WIB
7 Kemenangan yang Tidak Terduga dalam Sejarah Piala Dunia, Brasil Punya Kenangan Terburuk
Kemenangan yang Tidak Terduga dalam Sejarah Piala Dunia, Brasil 1-7 Jerman Piala Dunia 2014(Foto: Youtube RPTIMAOTV)

JAKARTA, iNews.id - Inilah 7 kemenangan yang tidak terduga dalam sejarah Piala Dunia. Turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia itu memang selalu menyisakan cerita menarik di setiap edisinya.

Bahkan, Piala Dunia 2022 yang sedang digelar di Qatar saat ini saja sudah memberikan beberapa kejutan di fase grup. Kekalahan Argentina atas Arab Saudi di Grup C dengan skor 1-2 menjadi topik perbincangan yang hangat belakangan ini.

Selain itu, tumbangnya Jerman atas Jepang dengan skor 1-2 di laga Grup E juga menjadi cerita menarik. Selain itu, ada juga Belgia yang kalah melawan Maroko dengan skor 0-2 di Grup F Piala Dunia 2022 juga tercatat jadi laga yang mengejutkan.

Namun, tiga kemenangan atau kekalahan tak terduga itu baru terjadi di Piala Dunia 2022 kali ini. Jika menilik ke belakang, ada sejumlah kemenangan mengejutkan yang pernah terjadi di turnamen empat tahunan tersebut.

Dalam sejarah Piala Dunia, tercatat beberapa klub yang bukan unggulan pernah menghajar tim-tim favorit secara dramatis. Bahkan, kemenangan tak terduga itu ada yang membuat tim unggulan menjadi pecundang dan harus tersingkir dari turnamen.

7 Kemenangan yang Tidak Terduga dalam Sejarah Piala Dunia

1. Korea Utara 1-0 Italia (Piala Dunia 1966)

Semua tahu bahwa Korea Utara bukan tim yang langganan masuk Piala Dunia. Negara Komunis tetangga Korea Selatan itu hanya pernah setor muka di Piala Dunia sebanyak 2 kali, yakni pada 1966 dan 2010.

Namun pada Piala Dunia perdana mereka di Inggris tahun 1966, Korea Utara berhasil membuat kejutan yang tak terduga. Bagaimana tidak, mereka berhasil mengalahkan tim kuat Italia dengan skor 1-0.

Kemenangan itu mengantarkan Korea Utara ke babak maju ke perempat final dan membuat Italia angkat koper dari turnamen.

2. Argentina 0-1 Kamerun (Piala Dunia 1990)

Kemenangan mengejutkan pernah terjadi di Piala Dunia 1990. Argentina saat itu menjadi salah satu tim kuat unggulan di Piala Dunia 1990 yang digelar di Italia.

Tim Tango saat itu berstatus sebagai juara bertahan dan diperkuat oleh Diego Maradona. Namun, tidak ada yang me mengira bahwa Argentina akan mengalami kekalahan menyakitkan di laga perdana penyisihan grup/

Mereka takluk dari Kamerun dengan skor 0-1 berkat gol semata wayang Francois Omam-Biyik. Meski begitu, Argentina ternyata hanya pemanasan dan berhasil bangkit hingga melaju ke final sebelum akhirnya kalah dari Jerman Barat.

3. Prancis 0-1 Senegal (Piala Dunia 2022)

Piala Dunia 2022 yang digelar di Korea Selatan dan Jepang memberikan banyak sekali kejutan. Salah satunya adalah kemenangan Senegal atas Prancis di fase grup.

Tergabung di Grup A, Prancis yang berstatus juara bertahan, nyatanya harus terseok-seok di Piala Dunia 2002. Dalam partai perdana melawan Senegal, Prancis secara mengejutkan takluk atas Senegal dengan skor 0-1.

Tim Ayam Jantan saat itu tidak diperkuat sang maestro Zinedine Zidane karena cedera. Lebih menyakitkan, Prancis kemudian bermain imbang dengan Uruguay dan dibabat Denmark dengan skor 0-2. Hal itu membuat Prancis harus pulang lebih awal karena hanya mampu mengumpulkan satu poin.

4. Korea Selatan 1-2 Italia (Piala Dunia 2022)

Pertandingan lain yang menghebohkan di Piala Dunia 2022 adalah kemenangan mengejutkan Korea Selatan hingga mencapai semifinal. Aksi heroik tuan rumah tersebut bahkan menjadi sangat monumental karena diwarnai kontroversi.

Skuad Italia yang saat itu bertabur bintang menjadi korban Korea Selatan di babak 16 besar. Negara dengan liga terbaik saat itu terpaksa harus menyerah dengan skor 1-2 atas Korea Selatan.  

5. Italia 0-1 Kosta Rika (Piala Dunia 2014)

Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil mungkin menjadi Piala Dunia terbaik bagi Kosta Rika. Berada dalam satu grup dengan 3 juara Piala Dunia (Italia, Uruguay, Inggris), membuat Kosta Rika diprediksi akan menjadi bulan-bulanan.

Namun, Kosta Rika memberikan kejutan awal dengan menumbangkan Uruguay di laga pertama. Tak sampai di situ, Kosta Rika kemudian menghajar Italia dengan skor tipis 0-1.

Kosta Rika akhirnya maju ke 16 besar karena berhasil menahan imbang Inggris. Dalam Fase Grup D tersebut, Italia dan Inggris adalah dua tim besar Eropa yang harus pulang lebih dulu.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda