7 Kiper Terbaik Keturunan Indonesia yang Pantas Membela Timnas Indonesia, Lepas dari Pantauan PSSI?

Rilo Pambudi ยท Jumat, 19 Agustus 2022 - 06:00:00 WIB
7 Kiper Terbaik Keturunan Indonesia yang Pantas Membela Timnas Indonesia, Lepas dari Pantauan PSSI?
Kiper Terbaik Keturunan Indonesia yang Pantas Membela Timnas Indonesia.(Foto: Instagram/cmargono)

JAKARTA, iNews.id - Mungkinkah ada kiper terbaik keturunan Indonesia yang lepas dari pantauan PSSI? Pasalnya, ada sederet nama penjaga gawang yang cemerlang di Eropa dan memiliki darah Indonesia.

Menaturalisasi pemain keturunan memang menjadi salah satu langkah yang diambil PSSI untuk semakin memperkuat Timnas Garuda. Maka, tidak heran jika selalu ada beberapa pemain asing yang kemudian dinaturalisasi dan direkrut dalam skuat Timnas Indonesia.

PSSI tentu tak hanya memprioritaskan pemain keturunan yang berposisi sebagai bek atau moncer sebagai pemain lini serang saja. Pemain berposisi sebagai kiper yang memiliki darah Indonesia, sebenarnya juga tidak luput dari incaran.

Sebut saja nama seperti Emil Audero Mulyadi yang memiliki darah Indonesia - Italia dan kini bermain untuk Sampdoria yang sempat disebut akan dinaturalisasi tetapi tidak jadi. Lantas, adakah kiper hebat lain yang memiliki darah Indonesia dan pantas dinaturalisasi?

Dilansir iNews.id dari Sportstars, Kamis (18/8/2022), berikut adalah sederet kiper terbaik keturunan Indonesia yang gemilang di daratan Eropa. Kiper-kiper ini sangat berpotensi direkrut dan menjadi penjaga mistar gawang Timnas Merah Putih.

7 Kiper Terbaik Keturunan Indonesia yang Pantas Membela Timnas Indonesia:

1. Cyrus Margono 

Cyrus Margono merupakan kiper muda yang dapat opsi masuk sebagai kiper incaran Timnas Indonesia. Kiper berusia 21 tahun itu memiliki darah campuran Indonesia - Iran. 

Garis keturunan Indonesia Cyrus Margono dapatkan dari sang ayah. Cyrus Margono diketahui lahir di Mount Kisco, New York, pada tanggal 9 November 2001. Kini, ia diketahui cukup gemilang memperkuat klub Liga Yunani, Panathinaikos B. 

2. Robin Christian Soeradiningrat

Berikutnya ada nama Robin Christian Soeradiningrat yang diketahui memiliki darah campuran Indonesia - Jerman. Sebelumnya, banyak yang mengira bahwa Robin Christian sebenarnya memiliki darah campuran Jerman - Vietnam. 

Namun, hal itu cepat dibantah oleh sang pemain sendiri. Di situs transfermarkt, ia juga telah dikonfirmasi memiliki darah Indonesia dan Jerman.

Pemain berusia 20 tahun itu kini memperkuat klub divisi 5 Liga Jerman, FC Germania Egestorf - Langreder. Ia juga pernah memperkuat Hannover 96 di kelompok usia 17 dan 19 tahun.

3. Dayen Gentenaar

Dayen Gentenaar adalah kiper keturunan Indonesia - Belanda. Garis keturunan tersebut didapat dari sang ayah yang merupakan warga negara Indonesia.

Ayah Dayeen rupanya pernah berkarier menjadi kiper NEC Nijmegen. Sementara Dayen Gentenaar, tercatat pernah memperkuat AFC Amsterdam U-21. Selain itu, ia juga pernah bergabung di tim Ajax Junior kategori umur U1-8 dan U-21. Kiper muda tersebut tentu sangat potensial dan patut masuk daftar incaran PSSI.

4. Daniel Klein

Selain Robin Christian, ada kiper lain berdarah campuran Indonesia - Jerman. Dia adalah Daniel Klein yang memiliki garis keturunan Indonesia dari sang ibu.

Kiper satu ini lahir di Heidelberg, Jerman, pada tanggal 13 Maret 2001. Kini Daniel Klein memperkuat klub Bundesliga Jerman, FC Augsburg. Sebelumnya ia pernah memperkuat klub macam TSG 1899 Hoffenheim. 

5. Emil Audero Mulyadi

Nama Emil Audero Mulyadi sebelumnya telah masuk daftar buruan PSSI, tetapi tidak jadi. Selain karena PSSI membatalkan niatnya, sang pemain kabarnya juga menolak tawaran membela Timnas Indonesia.

Emil diketahui memiliki darah campuran Indonesia - Italia. Darah keturunan Indonesia ia dapatkan dari sang ayah yang berasal dari Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Kiper satu ini lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat, pada tanggal 18 Januari 1997 dan sempat setahun tinggal di Indonesia sebelum diboyong ke Italia. Emil Audero Mulyadi kini perkuat klub Serie A, Sampdoria. 

6. Benjamin van Leer

Benjamin van Leer adalah kiper potensial keturunan Indonesia - Belanda yang patut diperhitungkan juga oleh PSSI. Pemain yang satu ini lahir di Houten, Belanda, pada tanggal 9 April 1992. 

Benjamin van Leer memiliki darah campuran Indonesia didapatkan dari kakek dan neneknya yang berasal dari daerah Maluku. Ia kini tercatat pernah memperkuat sejumlah klub Liga Belanda, antara lain adalah NAC Breda, Ajax Amsterdam dan Roda JC. Kini Benjamin van Leer memperkuat klub Sparta Rotterdam. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda