Apa Kabar Jhonny van Beukering? Eks Striker Indonesia yang Pernah Perkuat Klub Top Liga Belanda

Cikal Bintang ยท Selasa, 14 September 2021 - 16:21:00 WIB
Apa Kabar Jhonny van Beukering? Eks Striker Indonesia yang Pernah Perkuat Klub Top Liga Belanda
Jhonny van Beukering, eks striker naturalisasi Timnas Indonesia saat berkostum Feyenoord Rotterdam. (Foto: Wikimedia Commons/ad.nl)

JAKARTA, iNews.id Jhonny van Beukering merupakan pemain kelahiran Belanda yang pernah membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Namanya sering terdengar seusai menjadi pemain naturalisasi pada 2011.

Bermodalkan pengalaman bermain di klub Eropa ditambah memiliki darah Indonesia membuat Jhonny van Beukering masuk radar Timnas Indonesia. Setelah menjalani proses naturalisasi, kesempatan untuknya memperkuat Indonesia pun terbuka pada 2012.

Sayangnya, saat itu sempat ada kontroversi dari naturalisasi Van Beukering. Sebab, kala itu Indonesia memiliki dualisme dalam kepengurusan sepak bola, yakni Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Komite Penyelamat Sepak bola Indonesia (KPSI).

Kala itu, liga di Indonesia juga terpecah menjadi dua bagian, yakni Indonesia Premier League (IPL) dan Indonesian Super League (ISL). Akan tetapi, Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) hanya mengakui IPL sebagai kompetisi resmi.

Kisruh itu terus berlanjut dan berdampak kepada pemain naturalisasi Timnas Indonesia, salah satunya adalah Van Beukering. Kabarnya, naturalisasi Van Beukering terkesan dipaksakan demi memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2012.

Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: