Bahas Kelanjutan Liga, PSSI Gelar Rapat dengan Asosiasi Pelatih

Abdul Haris ยท Selasa, 26 Mei 2020 - 16:05 WIB
Bahas Kelanjutan Liga, PSSI Gelar Rapat dengan Asosiasi Pelatih

PSSI menggelar rapat virtual dengan asosiasi pelatih untuk membahas kelanjutan kompetisi di tengah pandemi, Selasa (26/5/2020). (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id PSSI menggelar rapat virtual dengan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI), Selasa (26/5/2020). Rapat tersebut membahas kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 di tengah pandemi virus corona (COVID-19), dan berlangsung selama 90 menit mulai pukul 10.00 hingga 11.30 WIB.

Dari PSSI diwakili Plt Sekjen Yunus Nusi, Wakil Sekjen Maaike Ira Puspita, Direktur Teknik Indra Sjafri, serta dua anggota Komite Eksekutif Yoyok Sukawi, dan Endri Erawan. Sementara dari APSSI diwakili Yeyen Tumena, Rahmad Darmawan dan Bambang Nurdiansyah.

"Rapat ini kami membahas berbagai hal seperti kompetisi terkait situasi di pandemi Covid-19 dan organisasi APSSI. Teman-teman pelatih ingin kompetisi dapat dilanjutkan dengan berpegang protokoler kesehatan," kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi.

APSSI banyak memberi masukan pada pertemuan itu, seperti saran tentang Timmas Indonesia, dan kontrak klub dengan pelatih di kompetisi. Para pelatih juga tidak mempermasalahkan bila terjadi negoisasi ulang dengan klub.

"Kami mengapresiasi dan usulan APSSI dan segera melaporkan ke Ketua Umum PSSI. Kami juga berencana akan mengukuhkan APSSI sebagai anggota PSSI. Untuk kelanjutan kompetisi, kita terus menunggu hingga 29 Mei sesuai keputusan pemerintah," ucap Yunus.

Di pihak lain, Ketua APSSI, Yeyen Tumena, menjelaskan, apa yang disampaikannya kepada PSSI merupakan asprirasi para pelatih lokal di Indonesia. Dia pun sangat menghargai usaha PSSI ini dengan mengundang diskusi para pelatih.

"Sebelumnya pada awal Maret lalu kami sudah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PSSI. Kami menjelaskan apa itu APSSI termasuk program kami dan upaya peningkatan kualitas pelatih lokal Indonesia," kata Yeyen.

Dalam hal kompetisi, Yeyen yang juga pernah menjabat sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia itu menyerahkan sepenuhnya kepada PSSI dengan menunggu keputusan pemerintah terkait situasi darurat Covid-19.

“Kami juga sudah memberikan saran format kompetisi bila memungkinkan untuk dilanjutkan kembali. Apalagi pada akhir tahun Timnas Indonesia akan berlaga di sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia dan Piala AFF 2020,” tuturnya.

Selain melakukan rapat dengan APSSI, pada hari ini PSSI juga melakukan rapat virtual dengan Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI).

Editor : Abdul Haris