Bambang Pamungkas Ungkap Penyebab Timnas Indonesia Sulit Berprestasi

Arif Budiwinarto ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 00:50 WIB
Bambang Pamungkas Ungkap Penyebab Timnas Indonesia Sulit Berprestasi

Bambang Pamungkas Lelang Jersey Timnas Indonesia di AFF 2012 (foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Bambang Pamungkas merupakan salah satu pemain legendari timnas Indonesia. Bambang belum lama ini buka suara soal skuad Garuda yang sulit berprestasi.

Saat masih aktif bermain, Bepe--sapaan akrab Bambang Pamungkas--pernah membela timnas Indonesia dalam rentang 1999 sampai 2012.

Selama itu, dia pernah tampil 86 kali dan mencetak 38 gol. Sayangnya, pemain kelahiran Salatiga, Jawa Tengah, itu tak mampu menghadirkan gelar juara.

Belum lama ini, Bepe yang sudah gantung sepatu sejak 2019 lalu hadir sebagai tamu di akun Youtube Hanif & Rendy Show. Dalam kesempatan itu, Bepe mengungkap kenapa timnas senior Indonesia di masanya sulit meraih juara.

Mantan pemain Persija dan klub Malaysia, Selangor FA, itu membandingkan dengan aturan kompetisi di Negeri Jiran yang mana semua klub lebih mengutamakan talenta-talenta lokal.

"Ketika di Malaysia tahun 2007, mereka tidak menggunakan pemain asing dengan target SEA Games 2009 mereka harus juara. Sehingga kompetisi selama dua tahun benar-benar mempersiapkan pemain lokal mereka dan faktanya mereka juara," kata Bepe.

"Mereka juara SEA Games 2009, juara Piala AFF 2010, juara SEA Games 2011. Artinya program itu berjalan dengan baik dan berhasil," ujarnya.

Lebih lanjut, Beppe menyindir federasi (PSSI) terkesan ingin cepat-cepat juara tanpa memikirkan proses. Seperti di Piala AFF dimana timnas Indonesia untuk pertama kali memakai pemain naturalisasi.

Selain itu, induk sepak bola juga dinilai tak punya komitmen terhadap proyek timnas jangka panjang.

"Nah kalau kita, sering kali kita buat program yang sifatnya instan. Kalau sekarang dilihat nggak berhasil besoknya diganti, regulasi awal musim nggak berhasil, pertengahan musim diganti. Kalau kita seperti itu nggak akan ada hasilnya," ucapnya.

Bambang Pamungkas memutuskan pensiun dari Timnas Indonesia pada 2012. Di laga terakhirnya dia menggunakan jersey dengan nama Pamungkas yang berarti akhir.

Editor : Arif Budiwinarto