Kualifikasi Euro 2020

Bawa Timnas Spanyol ke Euro 2020, Robert Moreno Inginkan Dukungan

Haryo Jati Waseso ยท Rabu, 16 Oktober 2019 - 12:00 WIB
Bawa Timnas Spanyol ke Euro 2020, Robert Moreno Inginkan Dukungan

Pelatih Timnas Spanyol Robert Moreno. (Foto: Jonathan NACKSTRAND/AFP)

OSLO, iNews.id - Pelatih Timnas Spanyol Robert Moreno sukses membawa negaranya ke Euro 2020, usai bermain imbang 1-1 melawan Swedia di Friend Arena, pada laga Grup F babak kualifikasi, Rabu (16/10/2019) dini hari WIB. Dia berharap kesuksesan ini membuatnya mendapat dukungan dari publik Spanyol.

Sebelumnya, banyak yang menyangsikan Moreno bisa berprestasi dengan La Furia Roja, sejak dirinya menggantikan Luis Enrique, 19 Juni lalu. Pasalnya, pelatih berusia 47 tahun itu tak pernah menjadi pelatih utama di klub besar.

Dia hanya pernah menangani klub kecil Spanyol seperti Castelldefels dan Damm. Selebihnya, Moreno menjadi asisten Enrique di AS Roma, Celta Vigo, Barcelona dan Timnas Spanyol.

Namun, karena Enrique kemudian ingin fokus mengurus anaknya yang sakit, Moreno ditunjuk sebagai caretacker dan kemudian ditetapkan sebagai pelatih utama.

“Orang-orang yang sebelumnya meragukan saya, kini seharusnya memberikan dukungan. Mereka suka atau tidak, saya adalah pelatihnya,” tutur Moreno dilansir Marca.

“Menyenangkan bisa menambahkan masa-masa penuh kegembiraan, dan membalikkan kritikan tersebut. Saya ingin semua orang mendukung tim ketika Euro tiba di Bilbao, dan bisa membantu kami di saat yang buruk,” tuturnya.

Pria yang memulai karier pelatihnya sebagai pembesut tim muda La Florida itu, tak bisa menyembunyikan rasa gembiranya atas kesuksesan ini. Dia pun mempersembahkannya untuk Enrique.

“Saya senang dengan grup ini dan memiliki banyak pemain yang bagus, sehingga bisa melakukan beberapa perubahan. Lolos merupakan sebuah kewajiban dan oleh karena itu kami tak menilainya,” ujar Moreno.

“Saya ingin mengingat Luis Enrique dan keluarganya, serta mendedikasikan keberhasilan ini untuk mereka. Begitu juga dengan (Luis) Rubiales dan (Jose Francisco) Molina, karena telah berani menunjukkan saya dan kami tak mengecewakan mereka,” katanya.


Editor : Haryo Jati Waseso