Bayern Raih Treble Winners, Ramai Petisi Ballon d’Or untuk Lewandowski

Abdul Haris · Senin, 24 Agustus 2020 - 14:20 WIB
Bayern Raih Treble Winners, Ramai Petisi Ballon d’Or untuk Lewandowski

Striker Bayern Munchen Robert Lewandowski meluapkan emosinya usai menjuarai Liga Champions 2019/2020 di Estadio da Luz, Senin (24/8/2020) dini hari WIB. (Foto: UEFA)

LISBON, iNews.id – Sukses Bayern Munchen juara Liga Champions 2019/2020 mengundang munculnya petisi Ballon d’Or untuk Robert Lewandowski.

Bayern meraih titel Eropa keenamnya itu setelah melibas Paris Saint-Germain (PSG) 1-0 pada final di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Senin (24/8/2020) dini hari WIB. Gol semata wayang di laga tersebut dicetak melalui sundulan Kingslay Coman pada menit ke-59.

Trofi tersebut membuat Bayern mengoleksi treble winners musim ini setelah sebelumnya juga kampiun Bundesliga dan DFB Pokal.

Peran Lewandowski dalam prestasi Bayern tersebut tak bisa dielakkan. Striker asal Polandia itu menjadi top skor di ketiga kejuaraan tersebut.

Di Liga Champions, dia menjadi yang tersubur dengan mencetak 15 gol, memutus dominasi dua megabintang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam 12 tahun terakhir.

Pada ajang Bundesliga, Lewandowski juga menjadi yang paling beringas dalam memberondong gawang lawan. Dia mengoleksi 22 gol, unggul empat dari striker Borussia Dortmund Paco Alcacer.

Kemudian, di DFB Pokal, striker bertinggi 184 cm itu juga paling tajam dengan mengoleksi enam gol.

Dengan statistik tersebut, para fans menganggap mesin gol 32 tahun itu layak menerima Ballon d’Or sebagai pemain terbaik tahun ini.

Sayang, majalah France Football selaku penyelenggara sudah memutuskan tak akan menggelar pemilihan Ballon d’Or tahun ini. Alasannya, mereka menilai pandemi Covid-19 membuat persyaratan Ballon d'Or tahun ini tidak terpenuhi karena kompetisi sempat terhenti dan beberapa negara gagal melanjutkan liga.

Para fans menganggap keputusan itu tak adil, karena menilai Lewandowski layak mendapatkan penghargaan itu.

Sementara striker Barcelona Lionel Messi dan bomber Juventus Cristiano Ronaldo yang mendominasi anugrah tersebut dalam 12 tahun terakhir dianggap tak pantas mendapatkannya karena performa mereka dan timnya yang buruk musim ini.

Untuk mendesak agar Ballon d’Or diberikan kepada Lewandowski, para fans mengusung sebuah petisi di situs Change.org. Hingga berita ini ditulis, tercatat sudah ada 8.523 orang yang menandatangani petisi tersebut.

Editor : Abdul Haris