Bukan Timnas Belgia, Ini Negara Jagoan Thierry Henry di Euro 2020

Susanto ยท Selasa, 01 Juni 2021 - 15:01:00 WIB
Bukan Timnas Belgia, Ini Negara Jagoan Thierry Henry di Euro 2020
Thierry Henry. (Foto: Sky Sports)

BRUSSELS, iNews.id- Thierry Henry kembali ditunjuk sebagai asisten pelatih Timnas Belgia di Euro 2020. Uniknya, Henry tak menjagokan tim yang diasuhnya untuk menjadi juara di Euro 2020.

Henry ditunjuk sebagai asisten pelatih Belgia kurang dari dua pekan menjelang kick-off Euro 2020. Jabatan tersebut pernah diemban lelaki 43 tahun pada tahun 2016 hingga 2018. 

Bukan menebar rasa optimistis pada tim yang akan diasuhnya di Euro 2020, Henry justru melihat Timnas Prancis sebagai favorit. Kata mantan penyerang Arsenal, Prancis menjadi kekuatan yang tak tertandingi setelah memanggil kembali Karim Benzema. 

“Prancis memenangkan Piala Dunia 2018 tanpa dia (Benzema) dan sekarang tim kembali memanggil salah satu penyerang terbaik di dunia. Sekali lagi, Anda berbicara tentang memenangkan Piala Dunia dan Piala Eropa. Prancis punya Benzema, (Kylian) Mbappe, dan (Antoine) Griezmann,” kata Henry dikutip Mirror, Selasa (1/6/2021). 

Ketika disinggung tentang calon rival terberat Timnas Prancis, Henry juga tak menyebut nama Timnas Belgia. Menurutnya, tim seperti Portugal yang memenangkan Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League 2019, serta tim bertabur bintang lain macam Spanyol dan Inggris yang patut diwaspadai Les Bleus. 

“Portugal adalah juara Eropa. Anda juga harus mempertimbangkan juga keberadaan Spanyol dan Inggris; mereka kembali dengan tim muda,” kata Henry. 

Henry memang pernah membantu Timnas Prancis memenangi Piala Dunia 1998. Tak cuma itu, dia juga melengkapi kesuksesan skuad Les Bleus dengan menggondol trofi Euro 2000. 

Setelah pensiun, Henry memulai kariernya sebagai pelatih. Dia membantu Timnas Belgia mencapai semifinal Piala Dunia 2018 di Rusia. Kemudian menjadi pelatih AS Monaco dan klub Major League Soccer, Montreal Impact.

Editor : Ibnu Hariyanto

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda