Bursa Transfer Musim Panas Bisa Diperpanjang sampai Januari

Abdul Haris ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 13:00 WIB
Bursa Transfer Musim Panas Bisa Diperpanjang sampai Januari

Kompetisi Premier League musim 2019/2020 masih ditangguhkan karena virus corona. (Foto: Twitter)

LONDON, iNews.id – Sepak bola Inggris sedang mempertimbangkan untuk memperpanjang bursa transfer musim panas hingga Januari 2021 menyusul ketidakpastian musim ini karena penundaan lantaran krisis virus corona (COVID-19).

Sampai saat ini, Premier League dan kompetisi di bawahnya masih ditangguhkan untuk memutus penyebaran virus asal Wuhan, China, itu. Kompetisi di negeri Ratu Elizabeth II itu akan kembali bergulir pada 30 April mendatang.

Kondisi ini membuat ada ketidakpastian besar tentang bagaimana jendela transfer musim panas nanti yang biasanya dibuka pada 1 Juli dan ditutup pada tanggal 31 Agustus.

Pasalnya, tidak ada jaminan musim ini akan selesai pada akhir Juni, sebuah skenario yang akan membuat kekacauan ke jendela musim panas.

Menurut Daily Mail, mengantisipasi kekacauan tersebut, otoritas sepak bola Inggris sedang mempertimbangkan rencana radikal memperpanjang pasar transfer dari akhir musim ini hingga Januari berbarengan dengan penutupan bursa transfer musim dingin.

Namun, otoritas Premier League masih terikat dengan peraturan FIFA dalam urusan transfer. Federasi Sepak Bola Dunia itu sudah membentuk satuan tugas untuk menangani masalah-masalah transfer yang ditimbulkan karena penundaan kompetisi.

Gugus tugas tersebut juga akan melihat implikasi penundaan yang akan terjadi pada kontrak pemain, terutama yang berakhir pada 30 Juni, sementara agen juga melobi agar terus diperbarui tentang perkembangan mengenai jendela musim panas.

“Pada 18 Maret Biro Dewan FIFA memutuskan untuk membentuk Kelompok Kerja Konfederasi FIFA sebagai tanggapan terhadap COVID-19,” tutur seorang juru bicara FIFA.

Kelompok kerja ini akan menilai perlunya amandemen atau dispensasi sementara terhadap Peraturan FIFA tentang status dan transfer pemain untuk melindungi kontrak pemain dan klub dan menyesuaikan periode registrasi pemain.

"Pekerjaan ini telah dimulai dan akan dilakukan dengan berkonsultasi dengan semua pemangku kepentingan utama, termasuk konfederasi, asosiasi anggota, klub, liga dan pemain,” ujar juru bicara FIFA tersebut.

Saat ini Premier League sudah memasuki pekan ke-30. Liverpool nyaman di puncak klasemen dengan nilai 82, unggul 25 angka dari Manchester City di posisi kedua.

Setiap tim saat ini memiliki delapan atau sembilan pertandingan yang belum dimainkan. FA tak mengumumkan apakah liga akan berlanjut dengan penonton atau tidak.


Editor : Abdul Haris