Cegah Stres, Skuat Liverpool Dapat Bimbingan dari Psikolog

Reynaldi Hermawan ยท Senin, 23 Maret 2020 - 22:00 WIB
Cegah Stres, Skuat Liverpool Dapat Bimbingan dari Psikolog

Kans Liverpool menjuarai Premier League 2019/2020 terganggu virus corona. (Foto: Liverpool offside)

LIVERPOOL, iNews.id – Para pemain Liverpool bakal mendapat bimbingan dari psikolog. Hal ini dilakukan agar mereka tidak stres memikirkan gelar juara Premier League musim 2019/2020 yang tidak kunjung pasti.

The Reds sebenarnya berada di ambang juara setelah memiliki nilai 82 dari 29 pertandingan. Mereka unggul 25 angka di atas Manchester City yang menduduki posisi dua klasemen.

Secara matematis, Liverpool hanya membutuhkan dua kemenangan lagi untuk memastikan trofi. Tapi sayangnya, seluruh pertandingan sedang dihentikan akibat pandemi virus corona.

Untuk sementara, Premier League ditangguhkan hingga 30 April 2020. Tapi jika situasi semakin parah, ada kemungkinan kompetisi musim ini diakhiri lebih cepat dan dengan begitu, Liverpool batal merebut status juara.

Skenario itu rupanya mengganggu mental Sadio Mane dan kawan-kawan. Karenanya mereka akan mendapat bimbingan psikolog supaya tidak stres.

“Apa yang terjadi di Premier League berada di luar kendali kami. Kami hanya membantu dalam memusatkan perhatian pada hal-hal yang dapat dikendalikan dan menerima hal-hal yang tidak dapat dikendalikan. Contohnya seperti Premier League dan respons pemerintah terkait corona,” kata psikolog bernama Lee Richardson.

“Kami dapat membentengi diri untuk mengatasi tantangan psikologis terkait apa pun yang terjadi. Seperti yang sudah dikatakan pelatih (Jurgen Klopp). Kesehatan dan keselamatan kita semua jauh lebih penting,” ujarnya dilansir Daily Mail.

Richardson juga menyarankan skuat Liverpool untuk berlatih pernapasan setiap hari. Kegiatan itu bisa membantu untuk mengurangi stres. Para pemain juga diminta membatasi aktivitasnya di berbagai media sosial.

“Seperti yang Anda ketahui, menyikat gigi secara teratur meningkatkan kesehatan gigi. Begitu pula dengan pernapasan diafragma yang baik meningkatkan kesehatan mental,” ucap Richardson.

“Kemudian saat mengisolasi diri seperti sekarang, para pemain terancam kebosanan. Mereka disarankan untuk tidak fokus pada berita atau media sosial yang mengakibatkan kekhawatiran terhadap klub,” tuturnya.

Richardson sendiri sudah dipekerjakan Liverpool sejak awal musim ini. Klopp berharap keberadaannya bisa membantu psikis para pemain.

“Kami berusaha memastikan para pemain berada di tangan terbaik,” ujar Klopp. “Hal terbaik dari Lee, dia seorang mantan pemain dan pelatih yang kini jadi psikolog olahraga. Dia orang yang sangat menarik. Sehingga anak-anak menikmati kehadirannya dan dia selalu ada saat mereka membutuhkannya,” ucap sang pelatih.


Editor : Bagusthira Evan Pratama