Liga Champions

Chelsea Vs Ajax Amsterdam: Ini 6 Fakta Menariknya

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 05 November 2019 - 09:09 WIB
Chelsea Vs Ajax Amsterdam: Ini 6 Fakta Menariknya

Pada duel sebelumnya, Chelsea menang 1-0 atas Ajax Amsterdam (Foto: UEFA)

LONDON, iNews.id – Duel sengit akan tersaji di matchday keempat Grup H Liga Champions. Bertempat di Stamford Bridge Stadium, Rabu (6/11/2019) dini hari WIB, Chelsea selaku tuan rumah harus menghadapi tantangan Ajax Amsterdam.

Melihat peta kekuatan, kedua tim bisa dibilang seimbang karena sama-sama memetik dua kemenangan dan satu kekalahan sejauh ini. The Blues menguasai singgasana dengan raihan enam poin. Nilai mereka setara dengan Ajax, namun unggul head to head.

Pada pertemuan sebelumnya, Chelsea menang 1-0 di Amsterdam. Tapi, tim besutan Frank Lampard tak boleh sesumbar. Sebab Opta mencatat, Ajax tidak pernah kalah ketika menjalani laga tandang ke Inggris di pentas Liga Champions. Dari empat kunjungannya, mereka menang sekali dan imbang tiga kali.

Selain itu, ada beberapa fakta menarik lainnya dari pertandingan ini. Berikut rangkumannya;

100 – Chelsea memiliki rekor 100 persen kemenangan dalam pertandingan Liga Champions melawan tim Belanda. Mereka pernah mengalahkan Feyenoord dua kali di periode 1999/2000 . Selain itu, Chelsea juga membungkam Ajax di musim ini.

47 – Striker Chelsea, Michy Batshuayi mencetak satu gol setiap 47 menit di Liga Champions musim ini (3 gol dalam 141 menit). Rasio menit terbaik dibanding pemain The Blues lainnya.

39 – Ajax tidak pernah kalah pada laga tandang melawan tim Inggris di Liga Champions. Kekalahan terakhir mereka di Negeri Ratu Elizabeth terjadi saat ajang tersebut masih bernama European Cup, April 1980 alias 39 tahun yang lalu. Hasil minor tersebut didapat di markas Nottingham Forest (0-2).

9 – Penyerang Ajax, Dusan Tadic terlibat langsung dalam 8 dari 14 gol terakhir pada fase grup Liga Champions (5 gol dan 3 assist). Dia juga terlibat dalam 6 dari 7 gol laga tandang terakhir (3 gol, 3 assist).

7 – Pelatih Ajax, Erik ten Hag sejauh ini tidak pernah kalah pada tujuh laga tandang Liga Champions (5 menang dan 2 seri). Hanya dua pelatih yang lebih hebat darinya yaitu Louis van Gaal (14 laga) dan Pep Guardiola (11 laga).

2 – Ini merupakan pertemuan kedua Chelsea dan Ajax di panggung Eropa. Duel sebelumnya terjadi pada matchday ketiga Liga Champions musim ini. Laga tersebut berhasil dimenangkan The Blues dengan skor 1-0.


Editor : Bagusthira Evan Pratama