Daftar Klub Sepak Bola dengan Sponsor Termahal, Nomor 5 Lagi Krisis Keuangan

Cikal Bintang Raissatria ยท Sabtu, 30 Juli 2022 - 19:14:00 WIB
Daftar Klub Sepak Bola dengan Sponsor Termahal, Nomor 5 Lagi Krisis Keuangan
Klub sepak bola dengan sponsor termahal di dunia kini menjadi milik Barcelona. Ironisnya, Barcelona justru lagi krisis finasial atau keuangan. (Foto: REUTERS)

JAKARTA, iNews.id- Klub sepak bola dengan sponsor termahal di dunia kini menjadi milik Barcelona. Ironisnya, Barcelona justru lagi krisis finasial atau keuangan.

Sponsor kini merupakan salah satu ‘nafas’ klub sepak bola agar bisa tetap hidup. Tanpa sponsor, klub sepak bola akan kesulitan untuk mendapatkan pundi-pundi uang demi menggaji para pemain.

Meski begitu, tidak semua sponsor membiayai sepenuhnya sebuah klub sepak bola. Keuntungan dari penjualan tiket pertandingan, penjualan jersey, merchandise, dan hadiah jika juara juga bisa menjadi sumber penghasilan.

Namun, faktor nama sponsor yang bertengger di jersey klub bisa menjadi ikonik ketika tertera selama bertahun-tahun. Sebut saja AC Milan dengan Opel, Liverpool dengan Hitachi, Manchester United dengan Sharp, hingga Inter Milan dengan Pirelli.

Berikut 5 Klub Sepak bola dengan Sponsor Termahal:

1. Bayern Muenchen (Deutsche Telekom) – 283 Juta Dollar

Bayern Munchen. (Foto: REUTERS/Heiko Becker)
Bayern Munchen. (Foto: REUTERS/Heiko Becker)

Bayern Muenchen menjadi klub pertama dengan predikat sponsor termahal dalam klub sepakbola. Sejak 2015, Die Roten -julukan Bayern Muenchen- menjalin kerjasama dengan Deutsche Telekom

Raksasa asal Jerman ini mendapatkan total bayaran 263 juta dollar (Rp4,1 triliun) dengan kontrak selama tujuh musim. Total bayaran ini diperoleh dari nominal yang dibayar setiap tahun oleh Deutsche Telekom kepada Bayern Muenchen sekitar 40 juta dollar (Rp592 miliar).

Editor : Ibnu Hariyanto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda