Dampak Besar Jika Indonesia Akhirnya Memutuskan Keluar dari AFF, Ini Keuntungan dan Kerugiannya

Rilo Pambudi ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 17:35:00 WIB
Dampak Besar Jika Indonesia Akhirnya Memutuskan Keluar dari AFF, Ini Keuntungan dan Kerugiannya
Dampak besar jika Indonesia akhirnya memang keluar dari AFFSkenario Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022 usai hajar Singapura 9-0 menarik diulas. (Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

JAKARTA, iNews.id - Meski Timnas tidak jadi hengkang dari Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara, ada beberapa dampak besar jika Indonesia akhirnya memang keluar dari AFF

Ada beberapa keuntungan sekaligus kerugian apabila Timnas Indonesia meninggalkan AFF. Namun, kerugian tak hanya akan dirasakan Timnas Indonesia sendiri, melainkan AFF.

Sebagaimana diketahui, rumor soal wacana Timnas Indonesia keluar dari AFF sempat jadi topik yang panas. PSSI didesak oleh pencinta sepak bola Tanah Air untuk meninggalkan AFF setelah gugurnya Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Desakan itu semakin gencar lantaran kompetisi yang digelar AFF dinilai tidak sehat lagi. Salah satu yang menjadi alasan adalah adanya dugaan praktik sepak bola gajah di Piala AFF U-19 2022.

Kendati demikian, Ketua Umum Federasi Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, telah memastikan bahwa Timnas Indonesia tetap akan menjadi anggota AFF.

Setelah berbalas surat protes ke AFF  Mochamad Iriawan atau Iwan Bule telah menerima keputusan dari AFF. Komisi Disiplin (Komdis) AFF dan perwakilan AFC telah memutuskan bahwa pertandingan antara Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 dinyatakan fair play.

Namun, apa dampak besar jika Timnas Indonesia akhirnya memutuskan untuk keluar dari AFF. Berikut ini adalah keuntungan dan kerugiannya yang dilansir iNews.id, Selasa (8/9/2022).

Keuntungan untuk Timnas Indonesia:

1. Lepas dari Agenda Tak Jelas AFF

Ajang AFF sendiri sebenarnya bukanlah agenda resmi di bawah naungan FIFA selaku Asosiasi Sepak Bola Dunia. AFF tak lain hanya cabang dari AFC (konfederasi Asia) yang dibentuk atas kesepakatan negara-negara Asia Tenggara saja.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika segala ajang dibuat AFF seperti Piala AFF, Piala AFF U-23 hingga Piala AFF U-19 tak masuk kalender resmi FIFA karena dianggap hanya laga persahabatan.

Jika Indonesia keluar dari AFF, maka Timnas akan lepas dari 'agenda tidak jelas' federasi tersebut. Dalam laman resminya, FIFA hanya mengakui AFC (Asia), UEFA (Eropa), CAF (Afrika), CONCACAF (Amerika Utara dan Tengah), CONMEBOL (Amerika Selatan) dan Oceania sebagai agenda resmi di bawah naungannya.

2. Momentum Bangkit di Asia

Apabila Indonesia Keluar dari AFF, maka Indonesia akan tercatat sebagai anggota AFC saja. Oleh karena itu, Timnas Indonesia akan lebih fokus mempersiapkan diri mengikuti turnamen yang berada di bawah naungan AFC yang dianggap resmi oleh FIFA. Dengan fokus di kompetisi top Asia, bukan tidak mungkin Indonesia akan lebih berpotensi mencetak sejarah. Dalam hal ini adalah kemungkinan tembus ke fase gugur Piala Asia.

3. Akan Menguntungkan Pemain dan Klub

Jika Timnas keluar dari AFF, klub hanya perlu melepas sang pemain hanya ketika Timnas Indonesia tampil di ajang resmi FIFA seperti FIFA Matchday, Kualifikasi Piala Asia, Kualifikasi Piala Dunia, serta turnamen mayor seperti Piala Asia atau Piala Dunia. 

Selain itu, ini juga akan mengurangi risiko terjadinya cedera pemain yang sia-sia di ajang tersebut. Jika demikian, tak hanya Timnas yang diuntungkan melainkan juga klub di mana para pemain bernaung.

Itulah keuntungan yang didapat Timnas Indonesia jika keluar dari AFF. Selain terhindar dari praktik match fixing atau sepak bola gajah, nasib Timnas Indonesia juga lebih terjamin oleh FIFA.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda