De Jong Tak Rasakan Perbedaan Permainan Barcelona Era Setien dan Valverde

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Jumat, 24 Januari 2020 - 10:40:00 WIB
De Jong Tak Rasakan Perbedaan Permainan Barcelona Era Setien dan Valverde
Pemain Barcelona Frenkie de Jong. (Foto: AFP)

BARCELONA, iNews.id - Pemain Barcelona Frenkie de Jong mengaku tak merasakan perbedaan yang besar dari strategi pelatih barunya Quique Setien dengan arsitek sebelumnya, Ernesto Valverde. Dia merasa keduanya masih memiliki pola permainan serupa.

Setien telah menjadi pelatih anyar Barcelona sejak pertengahan Januari ini. Dia menggantikan Ernesto Valverde yang dipecat, usai Blaugrana gagal memenangkan Piala Super Spanyol akibat kalah 2-3 dari Atletico Madrid di semifinal, Jumat (10/1/2020) dini hari WIB.

Pelatih berusia 61 tahun itu sejauh ini mampu memulai kariernya di Barcelona dengan dua kemenangan pada semua ajang. Namun, De Jong merasa hanya ada sedikit perbedaan antara Setien dengan Valverde.

“Setien tidak meminta saya melakukan hal yang berbeda. Gagasan yang dimiliki Setien kurang lebih sama seperti Valverde, yaitu penguasaan bola khas Barcelona,” kata De Jong dikutip AS.

“Setien memiliki sejumlah hal terperinci yang berbeda dari Valverde. Namun, tujuan utamanya sama, yakni menguasai bola,” tutur mantan pemain Ajax Amsterdam itu.

Keadaan itu membuat pemain berpaspor Belanda tersebut mampu cepat beradaptasi dengan pola permainan yang diterapkan Setien. Dia pun yakin performa Barcelona bisa meningkat di tangan Setien.

“Sepertinya saya bisa beradaptasi dengan baik dan bahagia berada di sini. Namun, saya tahu bisa bermain lebih baik. Saya yakin kami bisa lebih berkembang sebagai tim,” ujarnya.

Saat ini Barcelona masih menempati peringkat pertama La Liga dengan poin 43. Raihan mereka sama seperti rival terdekatnya Real Madrid, tetapi memiliki posisi lebih baik karena unggul selisih gol.

Editor : Haryo Jati Waseso