Diego Maradona Akan Diabadikan di Uang Kertas Argentina

Antara ยท Selasa, 08 Desember 2020 - 17:34:00 WIB
Diego Maradona Akan Diabadikan di Uang Kertas Argentina
Diego Maradona saat membawa Argentina juara Piala Dunia 1986. (Foto: FIFA)

BUENOS AIRES, iNews.id – Parlemen Argentina mulai membicarakan untuk mengabadikan sosok Diego Maradona pada uang kertas negara itu. Seorang senator negeri Tango bernama Norma Durango mengusulkan hal tersebut kepada Kongres, Senin (7/12/2020) waktu setempat.

Dalam usulannya, gambar Maradona, atau mungkin gambar 'Tangan Tuhan' , akan ada pada uang kertas bernilai 1.000 peso. 

Dia memaparkan idenya, bahwa uang kertas yang jika dirupiahkan bernilai Rp173.320 (1 peso = Rp173,320) itu akan menampilkan wajah Maradona di satu sisi dan gambar “Tangan Tuhan” julukan salah satu golnya yang paling terkenal di sisi lain.

Ya, gol “Tangan Tuhan” menjadi salah satu dari dua gol fenomenalnya saat memimpin Argentina melumat Inggris pada perempat final Piala Dunia 1986. Gol tersebut terjadi saat dia melompat dan meninju bola untuk menjebol gawang Peter Shilton. 

Pada laga tersebut, Maradona juga mencetak gol indah lainnya. Dia menggiring bola dari tengah lapangan melewati tujuh pemain Inggris sebelum menceploskan bola ke gawang. Gol tersebut dikenang sebagai gol terhebat sepanjang sejarah. 

Aksinya di turnamen itu membawa Argentina menjadi juara dunia untuk kedua kalinya. Hingga kini, belum ada pemain Tim Tango lainnya yang bisa mengulangi pencapaian tersebut. 

Editor : Abdul Haris

Halaman : 1 2