Euro 2020 Resmi Ditunda hingga 2021 akibat Virus Korona

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 17 Maret 2020 - 20:47 WIB
Euro 2020 Resmi Ditunda hingga 2021 akibat Virus Korona

Euro 2020 ditunda hingga tahun depan karena virus korona. (Foto: UEFA)

NYON, iNews.id – Kabar kurang mengenakkan sambangi pecinta sepak bola dunia. Euro 2020 yang sejatinya digelar Juni nanti harus ditunda setahun hingga 2021 akibat pandemi virus korona (Covid-19).

Sejatinya Euro edisi kali ini digelar dari 12 Juni dan 17 Juli dan akan disiarkan langsung RCTI. Hajatan sepak bola antarnegara paling bergengsi di Benua Biru itu berlangsung di 12 kota yang ditunjuk jadi tuan rumah bersama.

Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mengadakan rapat melalui konferensi video dengan perwakilan Federasi Sepak Bola Benua Biru, Selasa (17/3/2020). Sampai pada akhirnya keluarlah keputusan penundaan tersebut.

“UEFA hari ini mengumumkan penundaan kompetisi Timnas unggulannya, UEFA Euro 2020, yang akan dimainkan pada Juni dan Juli tahun ini,” bunyi pernyataan UEFA di situs resminya.

“Kesehatan semua yang terlibat dalam permainan adalah prioritas, serta untuk menghindari tekanan yang tidak perlu pada layanan publik nasional yang terlibat dalam pertandingan. Langkah ini akan membantu semua kompetisi domestik, saat ini ditahan karena darurat Covid-19, untuk diselesaikan,” bunyi pernyataan itu lagi.

Bukan hanya Euro 2020, UEFA juga menunda semua kompetisi dan pertandingan UEFA (termasuk pertandingan persahabatan) untuk klub dan Timnas untuk pria dan wanita hingga pemberitahuan lebih lanjut.

“Pertandingan play-off UEFA Euero 2020 dan pertandingan persahabatan internasional yang dijadwalkan pada akhir Maret, sekarang akan dimainkan di jendela internasional pada awal Juni, tergantung pada tinjauan situasi,” tutur pernyataan UEFA.

Sebelum diumumkan resmi, Federasi Sepak Bola Norwegia (NFF) yang ikut dalam rapat sudah membocorkan informasi penundaan tersebut melalui akun Twitter @nff_info.

“UEFA telah memutuskan Euro ditunda hingga 2021. Itu akan dimainkan mulai 11 Juni hingga 11 Juli tahun depan. Informasi lebih lengkap akan diumumkan secepatnya,” kicau NFF.

Editor : Abdul Haris