FIFA Ingatkan untuk Tidak Tergesa-gesa Mulai Kembali Kompetisi

Abdul Haris ยท Sabtu, 11 April 2020 - 17:10:00 WIB
FIFA Ingatkan untuk Tidak Tergesa-gesa Mulai Kembali Kompetisi
FIFA menegaskan pentingnya mendahulukan kesehatan dan keselamatan manusia di atas segalanya. (Foto: FIFA)

PARIS, iNews.id – Presiden FIFA Gianni Infantino mengingatkan negara anggota untuk tak tergesa-gesa memulai kompetisi di tengah pandemi virus corona (COVID-19). Dia mengatakan, liga baru bisa dilanjutkan bila sudah dipastikan keamanan 100 persen buat semua pihak. Dia menegaskan kembali, kesehatan masyarakat adalah prioritas utama.

“Prioritas pertama kami, prinsip kami, yang akan kami gunakan untuk kompetisi kami dan mendorong semua orang untuk mengikuti adalah kesehatan yang didahulukan,” kata pria 50 tahun itudalam pesan video kepada 211 anggota FIFA, dikutip Xinhua.

“Saya tidak bisa cukup menekankan hal ini. Tidak ada pertandingan, tidak ada kompetisi, tidak ada liga yang layak mempertaruhkan satu kehidupan manusia,” ucapnya.

Pandemi virus corona telah membuat dunia sepak bola terhenti, dengan sebagian besar liga telah ditangguhkan. Berbagai kejuaraan internasional utama seperti Euro 2020 dan Copa America juga ditunda selama satu tahun.

CEO Liga Sepak Bola Jerman (DFL) Christian Seifert mengatakan kepada surat kabar Die Zeit Kamis (9/4/2020), Bundesliga, yang saat ini ditangguhkan hingga setidaknya 30 April, akan siap kembali digulirkan jika diberikan kesempatan main tanpa penonton.

Namun, hal tersebut ditentang Infantino. Dia mengingatkan, tidak bertanggung jawab memaksa kompetisi dilanjutkan jika semuanya tidak 100 persen aman.

“Jika kita harus menunggu sedikit lebih lama, kita harus melakukannya. Lebih baik menunggu sedikit lebih lama daripada mengambil risiko,” tuturnya.

Infantino juga menyatakan, FIFA sudah menilai dampak keuangan di seluruh sepak bola dunia untuk mengoordinasikan respons yang tepat.

“FIFA menikmati reputasi yang baik di pasar keuangan. Ini telah membantu kami mengonsolidasikan fondasi yang kuat dengan cadangan besar. Tetapi cadangan kami bukan uang FIFA. Itu adalah uang sepak bola. Jadi ketika sepak bola membutuhkan, kita harus berpikir apa yang bisa kita lakukan untuk membantu. Ini adalah tanggung jawab dan tugas kita,” ujarnya.

“Anda tidak akan pernah sendirian. Dunia akan tahu ke mana uang itu pergi dan, yang sama pentingnya, mengapa uang itu pergi ke sana," katanya.

Editor : Abdul Haris