Gantikan Zaccheroni, Van Marwijk Ditunjuk Jadi Pelatih Uni Emirat Arab

Abdul Haris ยท Kamis, 21 Maret 2019 - 22:55 WIB
Gantikan Zaccheroni, Van Marwijk Ditunjuk Jadi Pelatih Uni Emirat Arab

Bert van Marwijk (Foto: AFP)

ABU DHABI, iNews.id – Pelatih asal Belanda Bert van Marwijk resmi ditunjuk menukangi tim nasional Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (21/3/2019) malam waktu setempat.

Opa berusia 66 tahun itu mengisi posisi Nakhoda asal Italia Alberto Zaccheroni yang mundur setelah gagal membawa tim berjuluk Al Abyad itu melaju ke final Piala Asia 2019 lalu. Di ajang tersebut, UEA dibantai Qatar 0-4 pada semifinal.

Jam terbang Van Marwijk di level timnas menjadi salah satu pertimbangan Asosiasi Sepak Bola UEA (UEFA FA) memilihnya. Mertua Pelatih PSV Eindhoven Mark van Bommel itu pernah membawa timnas Belanda menjadi finalis pada Piala Dunia 2010 saat dikalahkan Spanyol 0-1 di laga pamungkas.

Dia juga pernah membantu timnas Arab Saudi lolos ke Piala Dunia 2018 untuk pertama kalinya sejak 2006. Namun, sebelum putaran final kejuaraan tersebut dimulai, dia lebih dulu pergi karena berselisih dengan Federasi Sepak Bola Arab Saudi.

Kemudian, dia memimpin timnas Australia tampil di Piala Dunia 2018 meski hanya sampai fase grup.

Bersama UEA, Van Marwijk diharapkan mampu meningkatkan performa tim. Sebab, negara yang baru sekali lolos ke putaran final Piala Dunia pada 1990 itu berpotensi menjadi tuan rumah beberapa pertandingan Piala Dunia 2022, jika keretakan politik dan ekonomi dengan Qatar bisa diselesaikan dan FIFA tetap pada keputusan menggelar turnamen dengan 48 tim.

Editor : Abdul Haris