Gol Karim Benzema Dianulir karena Offside, Ini Penjelasannya

Cikal Bintang ยท Minggu, 29 Mei 2022 - 09:57:00 WIB
Gol Karim Benzema Dianulir karena Offside, Ini Penjelasannya
Pecinta sepak bola banyak yang bertanya-tanya kenapa gol striker Real Madrid Karim Benzema ke gawang Liverpool offside. (Foto: CBS Sports)

PARIS, iNews.id – Pecinta sepak bola banyak yang bertanya-tanya kenapa gol striker Real Madrid Karim Benzema ke gawang Liverpool offside? Momen krusial ini terjadi pada final Liga Champions di Stade de France, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB.

Los Blancos berhasil menang tipis 1-0 berkat gol semata wayang Vinicius Junior pada menit ke-59. Tapi sebelumnya Benzema sempat menggetarkan gawang The Reds di babak pertama, namun dianulir wasit Clement Turpin karena offside.

Sebab bagian tubuh Benzema (kaki kiri) berada lebih dekat dengan garis gawang tim lawan daripada bola dan pemain kedua terakhir adalah lawan (Virgil van Dijk).

Lalu ada sentuhan pemain Liverpool Fabinho sebelum bola jatuh di kaki Benzema. Hal ini juga jadi bahan perdebatan.

Tapi Clement Turpin menganggap hal tersebut tidak disengaja karena sifatnya defleksi dari aksi pemain Real Madrid lainnya Federico Valverde. Mantan wasit Peter Walton menjelaskan lebih rinci.

“Itu mudah. Benzema dalam posisi offside. Pelanggaran dilakukan jika bola sengaja dimainkan kembali kepadanya,” kata Walton dikutip dari Evening Standard, Minggu (29/5/2022).

“Fabinho, bola membelok darinya, dia tidak sengaja mengalirkan bola kepadanya (Benzema). Dia tidak menjadikan Benzema onside,” sambungnya. 

“Baru dianggap onside jika pemain Liverpool itu sengaja memainkannya. Itu sebabnya butuh waktu lama untuk VAR,” tambahnya menjelaskan.

Meski gol Benzema dianulir, Real Madrid tetap memenangkan pertandingan dan membawa Si Kuping Besar ke Spanyol. Itu titel Liga Champions ke-14 bagi Los Blancos.

Editor : Reynaldi Hermawan

Bagikan Artikel: