Kualifikasi Euro 2020

Hasil Albania Vs Prancis: Laga Ke-100 Deschamps Berbuah Kemenangan

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Senin, 18 November 2019 - 04:49 WIB
Hasil Albania Vs Prancis: Laga Ke-100 Deschamps Berbuah Kemenangan

Pelatih Timnas Prancis Didier Deschamps memberi salam kepada para fans setelah timnya menang 2-0 atas Albania pada matchday pamungkas Kualifikasi Euro 2020 di Arena Kombetare, Tirana, Senin (18/11/2019) dini hari WIB. (Foto: AFP)

TIRANA, iNews.id – Laga ke-100 Didier Deschamps sebagai pelatih Timnas Prancis dihiasi kemenangan 2-0 timnya atas Albania pada matchday pamungkas Kualifikasi Euro 2020 di Arena Kombetare, Tirana, Senin (18/11/2019) dini hari WIB.

Dengan hasil ini, Les Bleus yang sudah dipastikan lolos ke putaran final Euro 2020 menjadi juara Grup H dengan poin 25, ungul 2 angka dari posisi kedua Turki.

Dengan begitu, dari 100 laga di tangan Deschamps, Prancis mengepak mengepak 65 persen kemenangan dengan catatan 65 menang, 18 seri, dan 17 kalah.

Sejak ditunjuk menggantikan Laurent Blanc pada 8 Juli 2012, dia sudah sukses membawa Prancis juara Piala Dunia 2018, dan jadi finalis Euro 2016.

Pada laga kontra Albania, Prancis langsung memimpin ketika pertandingan baru berjalan sembilan menit. Berawal dari tendangan bebas Antoine Griezmann, Corentin Tolisso membelokkan bola menuju gawang yang dikawal kiper Albania Etrit Berisha.

Setelah itu, Albania berusaha melancarkan serangan balik. Beberapa kali mereka berupaya untuk menembus pertahanan Prancis. Namun, ketatnya lini belakang Les Bleus membuat tuan rumah kesulitan membuka peluang.

Namun, Albania mendapat kans bikin gol pada menit ke-20 lewat tendangan Klaus Gjasula. Sayang, sepakannya masih melebar.

Sibuk menyerang, Albania justru kembali kebobolan setelah Griezmann dapat meneruskan umpan pendek Leo Dubois dengan tembakan kerasnya pada menit ke-30.

Keadaan itu semakin memicu skuat Les Bleus terus menyerang. Mereka lalu mencapat peluang yang berawal dari sepak pojok pada menit ke-40. Namun, tandukan Clement Lenglet masih melambung, sehingga tidak ada gol tambahan hingga babak pertama usai.

Begitu babak kedua dimulai, Albania kembali berjuang mengejar skor. Mereka pun nyaris melakukannya pada menit ke-47. Sayang, tembakan Berat Djimsiti yang tak terjaga masih terlalu lemah dan melebar.

Prancis kemudian menyerang balik dan mendapat peluang pada menit ke-52. Olivier Giroud sukses melewati sejumlah bek Albania dan melepaskan tembakan. Namun, usaha itu dihentikan Berisha.

Tim tamu terus melancarkan serangannya. Mereka bahkan hampir memperlebar keunggulan pada menit ke-64. Wissam Ben Yedder sukses memperdaya pemain Albania dan memberikan umpan kepada Giroud yang melepaskan tembakan kerasnya, namun lagi-lagi Berisha mengagalkannya.

Juara Piala Dunia 1998 dan 2018 itu kemudian kembali mendapat peluang pada menit ke-72. Griezmann yang menguasai bola memberikan umpan kepada Giroud. Striker Chelsea itu melepaskan tembakan, namun bola masih menghantam tiang gawang.

Setelah itu, kedua tim cenderung memperlambat tempo dan permainan berjalan cenderung keras. Beberapa kali wasit memberikan tendangan bebas buat kedua tim, namun keduanya tak bisa memaksimalkannya, sehingga tidak ada gol tambahan hingga laga usai.

SUSUNAN PEMAIN 
ALBANIA (5-3-2)
 
Berisha; Hysaj (Trashi 82), Dermaku, Djimsiti, Veseli, Lenjani (Roshi 46); Bare, Gjasula, Qose (Memushaj 46); Balaj, Manaj 
Pelatih: Eduardo Reja

PRANCIS (3-4-1-2) 
Mandanda; Lenglet, Varane, Kimpembe; Dubois (Pavard 88), Sissoko, Tolisso, Mendy (Digne 75); Griezmann; Ben Yedder (Nekir 85), Giroud 
Pelatih: Didier Deschamps

Editor : Abdul Haris