Hasil Estonia Vs Jerman: Can Kartu Merah, Guendogan Bikin Rekor

Reynaldi Hermawan ยท Senin, 14 Oktober 2019 - 04:45 WIB
Hasil Estonia Vs Jerman: Can Kartu Merah, Guendogan Bikin Rekor

Gelandang Jerman Ilkay Guendogan (tengah) merayakan golnya ke gawang Estonia pada laga lanjutan kualifikasi Euro 2020 Grup C di A Le Coq Arena, Senin (14/10/2019) dini hari WIB. (Foto: AP)

TALLINN, iNews.id – Gelandang Timnas Jerman Ilkay Guendogan punya peran penting dalam kemenangan 3-0 atas Estonia pada laga lanjutan kualifikasi Euro 2020 Grup C, Senin (14/10/2019) dini hari WIB. Padahal, pada laga tersebut Der Panzer bermain pincang setelah Emre Can dikartu merah pada menit ke-15. 

Bermain di A Le Coq Arena, Can harus keluar lapangan lebih awal setelah melakukan pelanggaran keras kepada Frank Liivak. Kehilangan pemain Juventus itu tak membuat Jerman loyo. 

Juara dunia empat kali itu memiliki Guendogan yang bisa menjadi pembeda. Total, dia mampu membuat 180 sentuhan sepanjang pertandingan. Menurut catatan Opta, itu yang terbanyak untuk pemain Jerman sepanjang sejarah mereka mengumpulkan data. 

Pemain Manchester City itu juga berhasil membuka keran gol timnya kala pertandingan memasuki menit ke-51 lewat sepakan first time. Enam menit berselang, Guendogan kembali mencatatkan namanya di papan skor memanfaatkan umpan Marco Reus. 

Kehebatan mantan pemain Borussia Dortmund itu tak berhenti sampai di situ. Guendogan juga menjadi kreator gol ketiga Jerman setelah assist-nya diteruskan Timo Werner menjadi gol. 

Meski mendapat tambahan tiga poin, Jerman masih bercokol di peringkat kedua klasemen Grup C berbekal nilai 15, setara Belanda di singgasana. Tim besutan Joachim Loew itu unggul tiga poin dari Irlandia Utara di tangga ketiga. 

Melihat persaingan yang ketat, Jerman masih belum bisa memastikan tiket Euro 2020 saat ini. Guendogan dan kolega patut memetik kemenangan pada dua laga selanjutnya melawan Belarusia dan Irlandia Utara, November mendatang. 

SUSUNAN PEMAIN 
ESTONIA (4-1-4-1)
 
Lepmets; Baranov, Tamm, Mets, Pikk; Antonov; Kams, Ainsalu, Vassiljev (Kaeit 61), Liivak (Ojamaa 77); Sappinen (Zenjov 56) 
Pelatih: Karel Voolaid 

JERMAN (4-3-3) 
Neuer; Klosterman, Can, Suele, Halstenberg; Guendogan, Kimmich, Haverts; Brandt (Amiri 86), Waldschmidt (Werner 66), Reus (Serdar 77) 
Pelatih: Joachim Loew


Editor : Abdul Haris