Hasil Liga 1: Tiga Tim Papan Atas Kompak Telan Kekalahan

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Rabu, 27 November 2019 - 20:40 WIB
Hasil Liga 1: Tiga Tim Papan Atas Kompak Telan Kekalahan

Liga 1 2019 sudah memasuki pekan ke-29. (Foto: Liga 1)

MAGELANG, iNews.id – Tiga tim papan atas Liga 1 2019 kompak menelan kekalahan pada pekan ke-29, Rabu (27/11/2019) malam. Peringkat kedua klasemen Borneo FC dipermalukan 1-2 oleh tamunya, Persela Lamongan, di Stadion Segiri, Samarinda.

Di waktu yang sama, PSM Makassar takluk 0-1 saat dijamu PSIS Semarang di Stadion Madya Magelang, Rabu (27/11/2019) malam. Sementara di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung,  Madura United juga kalah 0-3 dari Perseru Badak Lampung.

Dengan hasil ini, Bali United yang berada di puncak klasemen semakin tak tersentuh, dengan koleksi poin 57. Sementara Borneo masih di posisi kedua dengan nilai 45. Sementara Madura United dan PSM ada di urutan keempat dan kelima dengan poin 44, dan 42.

Kekalahan PSM di di Stadion Madya Magelang sudah tercium sejak awal. PSIS memang langsung mengancam pertahanan PSM sejak pertandingan dimulai.

Tuan rumah bahkan hampir memimpin ketika laga baru berjalan tujuh menit. Namun, tandukan Claudir Marini Jr yang menerima umpan Bruno Silva masih belum menemui sasaran.

PSIS kemudian kembali mendapatkan peluang pada menit ke-15. Frendi Saputra melepaskan tembakan keras ke gawang PSM. Sayang, upayanya itu masih melebar ke sisi gawang kawalan Kiper PSM Hilmansyah.

Akhirnya PSIS memecah kebuntuan pada menit ke-26. Kerja sama Claudir Marini dan Bruno Silva memanfaatkan kesalahan antisipasi Hilmansyah, sehingga berujung dengan gol untuk Laskar Mahesa Jenar.

Tim asuhan Bambang Nurdiansyah itu berpeluang untuk menggandakan keunggulannya pada menit ke-33. Bayu Nugroho menembus pertahanan PSM dan memberikan umpan silang. Namun, tidak ada rekannya yang bisa menyambut bola.

Pada menit ke-43, PSIS kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Bayu Nugroho sekali lagi bisa membongkar pertahanan lawan, dan kali ini membawa bola ke depan gawang. Namun, tembakannya masih melebar, sehingga tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Pada babak kedua, PSIS berupaya untuk menemukan celah pada pertahanan PSIS. Bayu Nugroho menebarkan ancaman pada menit ke-53. Sayang, upanya itu masih bisa ditangkap dengan baik oleh Hilman Syah.

Setelah itu, PSM berusaha untuk bangkit. Mereka kemudian mendapatkan sejumlah peluang, termasuk pada menit ke-69. Namun, kiper PSIS Jandia Eka dengan sigap mengamankan gawangnya dengan baik, sehingga tak kebobolan. PSM pun tak bisa membalas hingga laga usai.

Sementara pada pertandingan lainnya di Stadio Sumpah Pemuda, Madura United kebobolan tiga gol dari Badak Lampung. Fernandinho membuka keunggulan pada menit ke-11. Kemudian, dilanjutkan gol Suhandi (25) dan Marquinhos Carioca (57) memastikan kekalahan untuk Laskar Sappeh Kerab.

Kekalahan juga didapatkan Borneo saat menjamu Persela Lamongan. Rafael Gomes Oliviera membuat Persela unggul pada menit ke-36. Kemudian Kei Hirose menggandakan keunggulan Laskar Joko Tingkir pada menit ke-78. Borneo FC hanya bisa membalas lewat Matias Conti dengan gol penalti pada masa injury time.

Editor : Abdul Haris