Kualifikasi Piala Dunia 2022

Hasil Malaysia Vs Indonesia: Timnas Garuda Kalah 0-2

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 19 November 2019 - 21:41 WIB
Hasil Malaysia Vs Indonesia: Timnas Garuda Kalah 0-2

Pemain Timnas Malaysia Muhamad Nor Azam (kanan) berjuang menghentikan laju gelandang Indonesia Hendro Siswanto laga kelima Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G di Stadion Bukit Jalil, Selasa (19/11/2019) malam. (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR, iNews.id – Timnas Indonesia menelan kekalahan 0-2 dari Malaysia pada laga kelima Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G di Stadion Bukit Jalil, Selasa (19/11/2019) malam.

Walau berstatus tim tamu, Tim Garuda tak canggung meladeni permainan pada awal babak pertama. Serangan Yanto Basna dkk dibangun dengan mengandalkan bola-bola pendek dan serangan balik.

Asa untuk mencetak gol dibuka pada menit ke-6 lewat tendangan TM Ichsan dari luar kotak penalti, namun masih melambung dari gawang Malaysia. Tak putus asa, Indonesia terus mengurung pertahanan tuan rumah.

Menit ke-20, peluang emas kembali didapatkan. Berawal dari serangan balik, Greg Nwokolo mengirim umpan ke Febri Haryadi yang langsung berhadapan satu lawan satu dengan kiper Malaysia, Khoirulazhan Bin Mohd Khalid.

Sayangnya sepakan mendatar pemain Persib Bandung itu bisa diblok Khalid menggunakan kakinya. Usai menahan tembakan Febri, Khalid mengalami ketidaknyamanan pada kakinya dan harus digantikan Farizal Marlias.

Asyik menyerang, Indonesia justru kecolongan pada menit ke-29. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Yanto Basna terhadap Safawi Rashid di depan kotak penalti. Safawi yang menjadi eksekutor mampu menceploskan bola ke gawang Ridho lewat sepakan kaki kirinya.

Tersengat dengan gol tersebut, Tim Garuda menaikkan intensitas serangan. Peluang didapatkan pada menit ke-36. Tendangan bebas Febri diteruskan bek Otavio Dutra dengan tandukan namun bisa ditepis Farizal. Bola muntah disambar Greg tapi bisa dihalau pemain Malaysia. Hingga turun minum, Indonesia belum mampu mencetak gol.

Memasuki babak kedua, Asisten Pelatih Indonesia Yeyen Tumena mengubah strategi guna menambah daya gedor. Dia memainkan Osas Saha untuk menggantikan peran Greg sebagai penyerang utama.

Sayang, usaha mantan Direktur Teknik Bhayangkara FC itu tak membuahkan hasil positif. Gawang Indonesia justru kembali kebobolan pada menit ke-73. Memanfaatkan kecerobohan Yanto, Safawi mencuri bola dan langsung melepaskan tendangan keras kaki kiri yang tak terbendung Ridho.

Pada menit ke-82, Indonesia punya kesempatan mencetak gol dari titik putih setelah Febri dijatuhkan Farizal di kotak terlarang. Belum beruntung, sepakan Osas dari jarak dua belas paske sudut kiri gawang Malaysia bisa ditangkap Farizal. Keunggulan dua gol tuan rumah bertahan hingga bubaran.

Akibat hasil minor tersebut, peluang Tim Garuda untuk melangkah ke babak kualifikasi selanjutnya pun sirna. Dengan tiga laga tersisa, Indonesia masih terdampar di dasar klasemen tanpa nilai. Sementara Malaysia naik ke posisi kedua dengan 9 poin, menggeser Thailand (7) ke tangga ketiga.

SUSUNAN PEMAIN  
MALAYSIA (4-4-2)  
Khoirulazhan Bin Mohd Khalid (Farizal Marlias 21); Sharul Mohd Said, Corbin Ong, Aidil Zafuan, Syahmi Safari; Nor Azam (Afiq Fazail 80), Syamer Kutty, Brendan Gan, Akhyar Rasyid (Norshahrul Idlan Talaha 46); Mohamadou Sumareh, Safawi Rasid  
Pelatih: Tan Cheng Hoe

INDONESIA (4-3-3)  
M Ridho; Gavin Kwan, Yanto Basna, Otavio Dutra, Ricky Fajrin; Hendro Siswanto, Bayu Pradana, TM Ichsan (Rizky Pora 76); Febri Hariyadi, Greg Nwokolo (Osas Saha 58), Septian David (Dendi Santoso 67) 
Pelatih: Yeyen Tumena (asisten)

Editor : Abdul Haris