Hasil Spanyol Vs Rumania: Raih Kemenangan, La Furia Roja Tak Terkalahkan Pada Kualifikasi

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 19 November 2019 - 05:17 WIB
Hasil Spanyol Vs Rumania: Raih Kemenangan, La Furia Roja Tak Terkalahkan Pada Kualifikasi

Penyerang Timnas Spanyol Gerard Moreno merayakan golnya saat mengalahkan Rumania 5-0 di Wanda Metropolitano, Selasa (19/11/2019) dini hari WIB. (Foto: PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP)

MADRID, iNews.id - Timnas Spanyol menang 5-0 atas Rumania pada matchday terakhir Grup F Kualifikasi Euro 2020 di Estadio Wanda Metropolitano, Selasa (19/11/2019) dini hari WIB. Hasil positif ini membuat Spanyol tak terkalahkan selama babak kualifikasi, dengan delapan kemenangan dan dua hasil imbang.

Pertandingan baru berjalan delapan menit, La Furia Roja sudah langsung unggul. Fabian Ruiz menyambar bola muntah dan berhasil menjebol gawang kawalan Kiper Rumania Ciprian Tataruaanu.

Tertinggal, Rumania berusaha untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-12. Berawal dari umpan Florinel Coman, George Puscas melepaskan tembakannya. Namun, upayanya itu bisa ditepis Kiper Spanyol Kepa Arrizabalaga.

Spanyol kemudian berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-33. Gerard Moreno meneruskan umpan Santi Cazorla dengan tembakan kerasnya yang merobek gawang Rumania.

Tuan rumah tak membutuhkan waktu lama untuk menambah koleksi golnya. Moreno mencetak gol keduanya setelah melewati bek Rumania pada menit ke-43.

Serangan Spanyol yang bertubi-tubi memaksa lini belakang Rumania membuat kesalahan. Bermaksud menghalau tembakan Alvaro Morata, Adrian Rus justru membelokkan bola ke gawangnya sendiri pada menit ke-45. Gol itu sekaligus menjadi akhir babak pertama.

Begitu babak kedua dimulai, Spanyol melanjutkan tekanannya ke area pertahanan Rumania. Pada menit ke-51, mereka kembali mendapat peluang. Namun, serangan Sergio Ramos masih melebar.

Pelatih Spanyol Robert Moreno kemudian menarik keluar Gerard Moreno, dan menggantikannya dengan Miker Oyarzabal pada menit ke-57. Hal itu dilakukan dengan harapan lini depan bisa lebih tajam.

Pada menit ke-68, Spanyol memperoleh peluang. Oyarzabal berhasil membongkar pertahanan Rumania dan melepaskan tembakannya. Sayang, serangannya masih belum menemui sasaran.

Rumania yang tertinggal jauh berusaha keras untuk mencetak gol. Ianis Hagi kemudian mendapat kesempatan pada menit ke-72. Namun sepakannya bisa dihalau bek tuan rumah.

Memasuki masa injury time, Spanyol akhirnya mencetak gol kelima. Mendapat umpan dari Sergio Busquets, Oyarzabal  langsung menggetarkan gawang Rumania. Gol itu sekaligus menutup jalannya pertandingan.

SUSUNAN PEMAIN
SPANYOL (4-3-3)

Arrizabalaga; Carvajal, Ramos (Albiol 63), Martinez, Gaya; Busquets, Ruiz, Saul; Gerard Moreno (Oyarzabal 57), Morata, Cazorla (Alcacer 68)
Pelatih: Robert Moreno

RUMANIA (4-2-3-1)
Tatarusanu; Benzar, Rus, Nedelcearu, Tosca; Marin (Cicaldau 65), Baluta; Coman (Mitrita 57), Hagi (Nistor 73), Stanciu; Puscas
Pelatih: Cosmin Contra


Editor : Haryo Jati Waseso