Ini 7 Pelatih Hebat yang Masih Berstatus Pengangguran

Bagusthira Evan Pratama ยท Sabtu, 28 Maret 2020 - 15:15 WIB
Ini 7 Pelatih Hebat yang Masih Berstatus Pengangguran

Sejumlah pelatih ternama masih berstatus pengangguran di musim 2019/2020 (Foto: Soccertoday)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah pelatih ternama masih berstatus pengangguran di musim 2019/2020. Meski memiliki prestasi, mereka belum menemukan klub baru yang bersedia untuk ditangani.

Sedikitnya ada tujuh pelatih yang saat ini masih menganggur. Mereka tak lagi bekerja mulai dari awal musim hingga pertengahan kompetisi.

Siapa saja ketujuh pelatih tersebut? Berikut rangkumannya:

1. Massimiliano Allegri


Jabatan pelatih Juventus yang dipegang Massimiliano Allegri sejak 2014 lalu direbut Maurizio Sarri pada musim panas 2019. Setelah didepak, Allegri belum bekerja lagi hingga kompetisi dihentikan akibat pandemi corona.

Secara prestasi, Allegri sebenarnya memiliki catatan yang layak diacungi jempol. Pelatih berusia 52 tahun itu memberikan lima gelar Scudetto untuk Juventus. Bahkan sebelumnya, Allegri mampu membawa Milan merajai Serie A musim 2010/2011.

2. Mauricio Pochettino


Musim 2019/2020 berjalan buruk untuk Mauricio Pochettino. Setelah membawa Tottenham Hotspur finis di peringkat dua Liga Champions, Pochettino justru mendapatkan surat pemecatan karena performa timnya yang kian menurun.

Pelatih kebangsaan Argentina itu sempat dikaitkan dengan Barcelona. Namun raksasa Spanyol tersebut justru menunjuk Quique Setien untuk menggantikan posisi Ernesto Valverde.

3. Ernesto Valverde


Pelatih berusia 56 tahun ini menjadi yang paling disalahkan saat Barcelona gagal menjuarai Piala Super Spanyol 2019 lalu. Menurut rumor yang beredar, Ernesto Valverde memiliki hubungan buruk dengan sejumlah pemain sehingga jabatannya sebagai pelatih terpaksa dicopot oleh manajemen tim.

Valverde sudah menganggur sejak Januari 2020. Sejauh ini belum ada klub ataupun tim nasional yang dikaitkan dengannya.

4. Laurent Blanc


Mantan pemain Timnas Prancis ini sempat membawa Paris Saint Germain (PSG) menjuarai kompetisi Ligue 1 musim 2013/2014, 2014/2015, dan 2015/2016. Namun manajemen tim kecewa karena Blanc tak mampu mengantarkan Les Parisiens berjaya di Eropa.

Eks pemain Manchester United tersebut akhirnya dipecat dan digantikan oleh Unai Emery. Sejak meninggalkan PSG, Blanc tak lagi melatih klub manapun hingga saat ini.

5. Unai Emery


Pelatih kebangsaan Spanyol ini menjadi pengangguran sejak November 2019 lalu. Dia dipecat Arsenal menyusul deretan hasil buruk yang terus didapat skuat The Gunners.

Emery kabarnya bakal dipekerjakan oleh salah satu tim dari kompetisi La Liga Spanyol. Namun sayang, kesepakatan tertunda sehubungan dengan dihentikannya kompetisi akibat virus corona.

6. Luciano Spalletti


Inter Milan tidak memberikan kontrak baru untuk Luciano Spalletti. Pelatih berkepala plontos itu diberhentikan pada musim panas 2019 lalu.

Inter kecewa karena Spalletti gagal memberikan gelar selama dua tahun masa kepelatihannya. Setelah didepak, Spalletti belum ditampung oleh klub manapun.

7. Manuel Pellegrini


Pelatih kebangsaan Chile ini sempat menangani tim besar seperti Real Madrid dan Manchester City. Pengalamannya tidak terhitung sebab Pellegrini juga pernah membesut River Plate, Villarreal, Malaga, dan West Ham United.

Tapi untuk saat ini, Pellegrini harus menyandang status pengangguran. Belum ada klub yang dikabarkan tertarik dengan jasa pelatih berusia 66 tahun tersebut.

Editor : Bagusthira Evan Pratama