Josep Maria Bartomeu Mulai Tak Dipercaya, Internal Barcelona Kembali Memanas

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 21:25:00 WIB
Josep Maria Bartomeu Mulai Tak Dipercaya, Internal Barcelona Kembali Memanas
Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu (Foto: Marca)

BARCELONA, iNews.id - Masalah internal Barcelona tak kunjung selesai. Kali ini sang presiden Josep Maria Bartomeu dikabarkan tidak mendapat kepercayaan lagi dari sejumlah pihak.

Menurut laporan Marca, Kamis (30/7/2020) banyak yang kecewa dengan kepemimpinan Bartomeu. Mereka prihatin dengan nasib klub yang mengalami penurunan performa.

Pada awal tahun ini, Bartomeu membuat keputusan kontroversial dengan memecat Ernesto Valverde dari posisinya sebagai pelatih. Jabatan itu kemudian diserahkan kepada Quique Setien yang faktanya tidak lebih baik dari Valverde.

Barcelona juga gagal bersaing di bursa transfer pemain. Alhasil mereka kalah dalam perebutan gelar La Liga dan Piala Super Spanyol 2019/2020.

Dari kekecewaan ini, ada usulan untuk memberikan mosi tidak percaya kepada Bartomeu. Hal tersebut jelas mengancam keberadaannya sebagai presiden klub.

Setelah mosi tidak percaya diajukan secara resmi, ada rencana mengumpulkan tanda tangan dari 15 persen anggota klub. Hal itu bakal dilakukan dalam 14 hari kerja.

Jika sudah mencapai itu, pemungutan suara mosi tidak percaya akan dimasukkan ke seluruh basis keanggotaan dalam bentuk referendum. Langkah berikutnya, dua pertiga dari 154.000 pemilih potensial harus melawan dewan untuk pemilihan umum yang akan datang.

Editor : Bagusthira Evan Pratama