Juventus Siapkan Rp2,7 Triliun untuk Boyong Van Dijk dari Liverpool

Abdul Haris ยท Minggu, 02 Februari 2020 - 18:57 WIB
Juventus Siapkan Rp2,7 Triliun untuk Boyong Van Dijk dari Liverpool

Virgil van Dijk. (Foto: Liverpool)

TURIN, iNews.id Juventus dikabarkan tengah mempersiapkan mega transfer untuk membajak defender Liverpool Virgil van Dijk pada bursa transfer musim panas mendatang.

Harian Inggris The Sun menyebut, klub berjuluk Si Nyonya Tua itu siap mengucurkan 150 juta poundsterling (Rp2,7 triliun) menjadikan pemain asal Belanda itu bek termahal di dunia untuk kedua kalinya.

Sebelumnya, Liverpool memboyong Van Dijk dengan banderol 75 juta poundsterling (Rp1,35 triliun) dari Southampton pada Januari 2018. Harga itu menjadikannya palang pintu termahal dunia saat itu.

Kemudian, rekornya dipatahkan Matthijs de Ligt saat dibeli Juventus seharga 76,95 juta poundsterling dari Ajax Amsterdam, pada 18 Juli 2019.

Sebulan berselang, rekor De Ligt juga dilewati transfer Harry Maguire dari Leicester City ke Manchester United dengan banderol 78,3 juta poundsterling.

Kini, Juventus berambisi kembali belanja besar-besaran. Setelah memboyong Cristiano Ronaldo dari Real Madrid pada Juli 2018, raksasa Serie A itu melirik Van Dijk sebagai amunisi yang penting dihadirkan untuk membantu mereka juara Liga Champions.

Van Dijk diprediksi siap meninggalkan Anfield jika Liverpool mampu memenangkan Premier League musim ini setelah sebelumnya kampiun Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, dan Piala Super Eropa.

“Setelah memenangkan sekantong piala dengan Liverpool, Juventus berpikir dia mungkin siap untuk tantangan baru di akhir musim nanti, terutama karena dia telah bermain di Inggris selama beberapa tahun,” ujar sumber Juventus kepada The Sun.

“Dan Juventus secara aktif berencana untuk mengajukan tawaran besar untuknya di musim panas nanti,” tuturnya lagi.

Van Dijk memang menjadi properti panas di bursa transfer. Dia bukan hanya sukses di level klub, tapi juga mampu membawa negaranya finis sebagai runner-up pada UEFA Nations League. Dia juga berhasil berada di posisi kedua peraih Ballon D'Or di bawah Lionel Messi.

“Saya berusia 28 tahun sekarang dan saya ingin memenuhi setiap impian yang pernah saya miliki. Hidup bisa singkat. Karier Anda juga bisa pendek,” kata Van Dijk beberapa waktu lalu.

“Saya menikmati bermain dengan tim ini (Liverpool) dan manajer ini (Juergen Klopp). Kami tidak bisa melihat terlalu jauh ke depan. Tapi sekarang, saya menikmatinya,” ucapnya.

Di Liverpool, Van Dijk menjadi tumpuan utama pertahanan. Bersamanya, The Reds hanya kebobolan 15 gol dari 25 laga di Premier League musim ini.

Namun, kehilangan bintang bukan hal tabu buat Liverpool. Mereka pernah melepas Philippe Coutinho ke Barcelona dengan banderol 130,5 juta poundsterling (Rp2,3 triliun) dua tahun lalu.

Editor : Abdul Haris