Juventus Vs Milan: Tanpa Gol, Si Nyonya Tua Melaju ke Final Coppa Italia

Abdul Haris ยท Sabtu, 13 Juni 2020 - 04:21:00 WIB
Juventus Vs Milan: Tanpa Gol, Si Nyonya Tua Melaju ke Final Coppa Italia
Gelandang AC Milan Lucas Paqueta (kiri) berduel udara dengan winger Juventus Douglas Costa pada leg kedua semifinal Coppa Italia di Allianz Stadium, Turin, Sabtu (13/6/2020) dini hari WIB. (Foto: AFP)

TURIN, iNews.id Juventus memastikan langkah ke final Coppa Italia 2019/2020 setelah imbang 0-0 kontra AC Milan pada leg kedua semifinal di Allianz Stadium, Turin, Sabtu (13/6/2020) dini hari WIB.

Leg pertama semifinal ini berakhir 1-1 di San Siro pada 13 Februari lalu, tetapi pandemi virus corona (Covid-19) menyebabkan sepak bola ditangguhkan selama tiga bulan. Ini menjadi laga pertama di Italia.

Sebelum pertandingan, dilangsungkan mengheningkan cipta untuk mengenang korban Covid-19, diikuti tepuk tangan sebagai penghormatan kepada tim medis yang berjuang mengatasi penyakit yang berawal dari Wuhan, China, itu.

Pada laga ini, Juventus datang tanpa Gonzalo Higuain, Giorgio Chiellini, Aaron Ramsey dan Merih Demiral, tetapi Maurizio Sarri menggunakan Douglas Costa, Cristiano Ronaldo dan Paulo Dybala bersama untuk pertama kalinya sejak awal.

Di tengah, meski dikabarkan bakal dilepas akhir musim ini, Miralem Pjanic dimainkan di tengah bersama Rodrigo Bentacur dan Blaise Matuidi.

Sementara Milan kehilangan Zlatan Ibrahimovic, Theo Hernandez dan Samu Castillejo yang terjerat sanksi. Pelatih Stefano Pioli pun mengandalkan Ante Rebic sebagai striker tunggal dalam pola 4-2-3-1.

Sejak awal, tuan rumah Juventus benar-benar mendominasi. Bahkan, pada menit pertama, Si Nyonya Tua sudah mendapat peluang melalui Douglas Costa. Namun, tendangannya masih melebar.

Pada menit ke-16, peluang emas kembali didapat Juventus saat wasit Daniele Orsato menunjuk titik penalti. Keputusan itu diambil setelah sang pengadil melihat Video Assistant Referee (VAR) di pinggir lapangan. Dari tayangan ulang itu, bek Milan Andrea Conti terlihat menyentuh bola dengan tangan.

Kesempatan itu coba dimaksimalkan Ronaldo yang maju sebagai eksekutor. Sayang, tendangan striker asal Portugal itu masih membentur tiang gawang Milan.

Beberapa detik kemudian, petaka lain datang buat Milan. Rebic dikartu merah setelah terlihat wasit mengangkat kaki yang mengenai dada bek Juventus Danilo.

Kondisi ini membuat dominasi Juventus semakin terasa. Berbagai peluang pun hadir, seperti tendangan voli Matuidi dari jarak dekat, dan sepakan Ronaldo dari luar kotak penalti. Namun, Gianluigi Donnarumma masih mampu menghalaunya.

Di babak kedua, Milan tampil lebih berani. Mereka berusaha lebih agresif. Sejumlah peluang pun hadir. Seperti ketika Giancomo Bonaventura berhasil mengirimkan umpan ke tengah yang disambut tandukan Hakan Calhanoglu. Sayang, sundulan gelandang Turki itu masih melebar.

Juventus pun kembali mendapat berbagai peluang. Namun, soliditas pertahanan Milan membuat tuan rumah tak mampu mencetak gol sampai akhir pertandingan.

Hasil 0-0 ini cukup membawa Juventus ke final karena unggul produktivitas gol tandang. Di laga pamungkas, Si Nyonya Tua menanti pemenang antara Napoli kontra Inter Milan yang akan dihelat Minggu (14/6/2020) dini hari WIB.

Final akan digelar di Stadio Olimpico, Roma, pada Kamis (18/6/2020) dini hari WIB.  

SUSUNAN PEMAIN
JUVENTUS (4-3-3)

Buffon; Danilo (Cuadrado 86), De Ligt, Bonucci, Alex Sandro; Bentancur, Pjanic (Khedira 62), Matuidi (Rabiot 62); Douglas Costa (Bernardeschi 63), Dybala, Ronaldo
Pelatih: Maurizio Sarri

AC MILAN (4-2-3-1)
G Donnarumma: Conti (Saelemaekers 88), Kjaer, Romagnoli, Calabria (Laxalt 88); Kessie (Krunic 82), Bennacer; Paqueta (Colombo 82), Calhanoglu, Bonaventura (Rafael Leao 52); Rebic
Pelatih: Stefano Pioli

Editor : Abdul Haris

Bagikan Artikel: