Kenia Khairunnisa Ingin Beri Bantuan Hukum untuk Masalah Suporter

Haryo Jati Waseso ยท Kamis, 28 Maret 2019 - 02:00 WIB
Kenia Khairunnisa Ingin Beri Bantuan Hukum untuk Masalah Suporter

Kenia Khairunnisa. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pengacara Kenia Khairunnisa Mahendra mengungkapkan keinginannya memberikan pendampingan untuk masalah hukum yang mendera suporter sepak bola, khususnya terkait kasus kekerasan.

Beberapa tahun terakhir kasus kekerasa suporter memang kerap terjadi. Terakhir adalah kasus pengeroyokan terhadap pendukung Persija Jakarta Haringga Sirla yang berakhir dengan kematian, tahun lalu.

Kenia melihat hal itu masih menjadi masalah akut hingga saat ini. Apalagi, payung hukum untuk suporter sepak bola masih belum jelas, sehingga membuat dirinya bertekad untuk memberikan bantuan hukum.

“Pendampingan hukum untuk pihak-pihak yang dirugikan atau dizalimi itu memang harus ada. Setiap warga berhak mendapatkan hal tersebut, bagi masyarakat yang kehilangan hak tanahnya, suporter sepak bola atau apa pun itu,” ujarnya.

“Jadi, ketika misalnya ada suporter sepak bola melakukan kekerasan dan merugikan beberapa pihak, maka pendampingan hukum harus kita lakukan,” tutur putri dari politikus Yusril Ihza Mahendra tersebut.

Kenia menilai perlunya tindakan preventif agar pertikaian antara pendukung tidak kembali terjadi. Dia mengungkapkan setiap stake holder harus bersinergi untuk menciptakan kondisi yang kondusif, salah satunya dari segi regulasi hukum.

“Karena saya juga bergerak dalam bidang hukum, maka saya harus siap untuk pendampingan hukum jika hal tersebut terjadi. Di sisi lain, saya juga siap untuk turun dalam tindakan-tindakan preventif atau pencegahan agar peristiwa tersebut tidak terjadi di dunia sepak bola,” ujarnya.


Editor : Haryo Jati Waseso