Keputusan Pemerintah Bikin Liga Belanda Mustahil Dilanjutkan

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Rabu, 22 April 2020 - 07:11 WIB
Keputusan Pemerintah Bikin Liga Belanda Mustahil Dilanjutkan

Eredivisie terpaksa harus dihentikan karena tak ada izin dari pemerintah Belanda sampai September mendatang. (Foto: Eredivisie)

AMSTERDAM, iNews.id – Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) akan meminta izin Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) untuk menghentikan Liga Belanda Eredivisie 2019/2020. Hal itu diambil setelah pemerintah Negeri Kincir Angin itu melarang adanya pertandingan olahraga sampai 1 September untuk memutus penyebaran pandemi virus corona.

Awalnya, muncul wacana Eredivisie bakal dilanjutkan pada 19 Juni mendatang, meski tanpa penonton. Hanya saja, usulan itu mendapat perlawanan dari beberapa klub, seperti Ajax Amsterdam, AZ Alkmaar dan PSV Eindhoven.

Namun, akhirnya Eredivisie musim ini mustahil untuk dilanjutkan, menyusul pengumuman dari pemerintahan Belanda. Oleh sebab itu, KNVB tak punya pilihan selain menghentikan kompetisi.

“Pemerintahan telah memberi keputusan untuk tidak memberikan izin hingga 1 September. Hingga saat itu, tidak akan ada pertandingan, meski tanpa penonton,” bunyi pernyataan di laman resmi KNVB.

“Sebagai hasil, kami berniat untuk tidak melanjutkan musim 2019/2020. Berdasarkan keputusan pemerintah, KNVB akan berkonsultasi dengan UEFA dalam mengambil langkah selanjutnya. Klub dan pihak lainnya akan mengadakan rapat untuk mendiskusikan konsekuensinya,” tutur pernyataan itu lagi.

Sebelumnya, UEFA sudah menyatakan hasratnya agar liga domestik bisa berlanjut dalam beberapa waktu ke depan walau tanpa penonton. Namun, tampaknya mereka tidak bisa berbuat banyak, menyusul keputusan pemerintah Belanda.

Ketika dihentikan, Ajax dan AZ sama-sama memiliki poin 56 sebagai penghuni dua posisi teratas. Namun, Ajax ditetapkan sebagai pemimpin klasemen, karena selisih gol yang lebih baik.

Masih belum diketahui apakah Ajax bakal ditetapkan sebagai juara atau tidak jika Eredivisie musim ini diakhiri. Apalagi perbedaan antara Ajax dan AZ hanya selisih gol.

Berita Lain Bisa Dibaca di Okezone.com: UEFA Izinkan Pembatalan Liga dengan Kasus Khusus

Editor : Abdul Haris