Ketum PSSI Tak Keberatan Menpora Jadi Ketua Panpel Piala Dunia U-20 2021

Reynaldi Hermawan ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 18:49 WIB
Ketum PSSI Tak Keberatan Menpora Jadi Ketua Panpel Piala Dunia U-20 2021

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id – Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochammad Iriawan tak keberatan dengan penunjukkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sebagai Ketua Panitia Pelaksana Piala Dunia U-20 2021 atau INAFOC (Indonesia FIFA U-20 World Cup 20201 Organizing Committee). Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu justru senang lantaran tugasnya akan terbagi.

Sebelumnya sempat beredar kabar ketua panitia penyelenggara Piala Dunia U-20 akan datang dari tubuh PSSI. Namun Presiden Joko Widodo menunjuk langsung Menpora sebagai ketua INAFOC.

Iwan Bule sangat menghargai keputusan presiden. Dia juga menolak anggapan kalau penunjukan Menpora sebagai Ketua INAFOC sebagai langkah pemerintah mengintervensi Piala Dunia U-20.

“Kami PSSI tentu punya cita-cita untuk bersinergi dengan pemerintah dan Menpora. Saya berterima kasih kepada Presiden sudah membagi tugas. Dengan begitu saya bisa fokus ke Timnas,” kata Iwan Bule dalam konferensi pers lewat zoom, Jumat (3/7/2020) sore.

“Saya sudah membentuk tim khusus, nanti akan saya umumkan yang berkaitan dengan kemampuan timnas,” ujarnya.

Komisaris Jenderal bintang tiga itu juga mengungkapkan FIFA sudah menyetujui penunjukkan Menpora jadi Ketua INAFOC. Iwan Bule juga mengatakan Rusia dua tahun lalu juga melakukan hal serupa saat menjadi tuan rumah Piala Dunia.

“Ini bukan hal yang baru. Rusia juga waktu Piala Dunia juga melakukan hal yang sama. Bagi kami, Alhamdulillah, beban kami yang berat bisa dibagi. Jadi, kami fokus ke Timnas. Kami belum masukkan nama anggota INAFOC. Yang jelas Pak Menteri Ketuanya,” ucapnya.

Piala Dunia U-20 sendiri rencananya akan berlangsung pada Mei hingga Juni tahun depan. PSSI menargetkan tim asuhan Shin Tae-yong itu lolos ke babak 16 Besar. 

Editor : Abdul Haris