Kiprah Timnas Indonesia Sepanjang Sejarah Piala AFF dalam 13 Edisi, Enam Kali Runner Up

Sintia Putri Balqis ยท Sabtu, 03 Desember 2022 - 14:01:00 WIB
Kiprah Timnas Indonesia Sepanjang Sejarah Piala AFF dalam 13 Edisi, Enam Kali Runner Up
Kiprah Timnas Indonesia sepanjang sejarah Piala AFF (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id – Kiprah Timnas Indonesia sepanjang sejarah Piala AFF menarik diulas. Skuad Garuda dijuluki spesialis runner up karena sudah enam kali rebut peringkat kedua usai kalah difinal.

Indonesia tak pernah absen sejak Piala AFF digelar pada 1996. Total Garuda sudah 13 kali berpartisipasi pada ajang sepak bola bergengsi tingkat ASEAN itu.

Menarik dibahas perjalanan singkat Indonesia di tiap edisi Piala AFF.

Berikut deretan Kiprah Timnas Indonesia Sepanjang Sejarah Piala AFF:

Piala AFF 1996
Pada edisi pertama Piala AFF ini, Indonesia keluar juara Grup. Sayangnya, Garuda dikalahkan Malaysia di semifinal dengan skor akhir 1-3 dan kembali dikalahkan Vietnam saat perebutan peringkat ketiga.

Piala AFF 1998
Pada Piala AFF 1998, Indonesia berhasil melaju ke semifinal. Namun, Indonesia dikalahkan Singapura 1-2. Meski begitu, Garuda berhasil mengalahkan Thailand melalui adu penalti untuk memenangkan duel perebutan peringkat 3.

Piala AFF 2000
Pada era ini, Indonesia pertama kalinya lolos ke babak final. Sayangnya Indonesia menelan kekalahan dari Thailand dengan skor akhir 1-4. Tapi Gendut Doni, pemain yang berjaya di era 2000-an, merebut Top Skor dengan koleksi 5 gol.

Piala AFF 2002

Piala AFF 2002 adalah edisi keempat. Indonesia kembali masuk dalam babak final. Namun, Indonesia dibantai Thailand melalui adu penalti, 2-4. Striker Garuda Bambang Pamungkas menyabet top skor dengan total 8 gol.

Piala AFF 2004
Timnas Indonesia tampil cukup garang di fase Grup A. Mereka mampu menciptakan total 17 gol. Di semifinal, Indonesia menang agregat atas Malaysia dengan hasil agregat 5-3. Namun sayang, Indonesia harus kalah agregat 2-5 dari Singapura di final. Ilham Jaya Kesuma top skor dengan koleksi 7 gol.

Piala AFF 2007
Edisi keenam Piala AFF ini menjadi awal yang buruk bagi Timnas Indonesia. Kala itu, Timnas Indonesia bergabung di Grup B bersama Singapura, Vietnam, dan Laos. Timnas Indonesia gagal menembus semifinal dan harus puas dengan hanya finish di peringkat 3.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda