Kisah Hendro Kartiko, Kiper Legendaris Indonesia yang Jadi Pemain Terbaik Lawan Qatar

Cikal Bintang Raissatria ยท Senin, 21 November 2022 - 14:53:00 WIB
Kisah Hendro Kartiko, Kiper Legendaris Indonesia yang Jadi Pemain Terbaik Lawan Qatar
Kiper Hendro . (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Hendro Kartiko adalah salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Dia pernah menyandang pemain terbaik pertandingan saat melawan Qatar.

Sebagaimana diketahui, Hendro merupakan salah satu legenda Timnas Indonesia yang sudah mencatatkan 60 pertandingan. Membantu di bawah mistar, Hendro sudah pernah mengantar Skuad Garuda mentas di tiga edisi Piala Asia, yakni 1996, 2000, dan 2004.

Hendro memulai perannya sebagai penjaga gawang pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kala itu, dia mengaku diajari oleh guru olahraganya. Namun, Hendro awalnya mengaku tidak terlalu senang dengan posisi di bawah mistar.  

“SMP saya diajari guru saya dasar-dasar untuk menjadi penjaga gawang. Itupun masih belum sepenuhnya saya suka,” kata Hendro dilansir dari kanal Youtube Garuda Nusantara, Senin (21/11/2022).

Setelah terus menerus dipercaya sebagai penjaga gawang, Hendro akhirnya belajar lebih giat. Mantan kiper Persija Jakarta ini mengatakan belajar secara otodidak untuk menjadi penjaga gawang. Dia juga sering melakukan evaluasi mandiri atas penampilannya.

“Kala itu, belum ada pelatih khusus penjaga gawang. Jadi, kemampuan saya berkembang lewat gim internal atau pertandingan. Setiap selesai main, saya langsung mengoreksi diri sendiri,” ujarnya.

Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda