Laporan dari Qatar

Kisah Mita dan Aldo, Volunteer asal Indonesia yang Wujudkan Mimpi di Piala Dunia 2022

Abdul Haris ยท Senin, 05 Desember 2022 - 19:59:00 WIB
Kisah Mita dan Aldo, Volunteer asal Indonesia yang Wujudkan Mimpi di Piala Dunia 2022
Mita Yulian Sasmita, salah satu volunteer asal Indonesia pada Piala Dunia 2022. (Foto: Instagram @psychofat)

DOHA, iNews.id – Ada volunteer asal Indonesia yang mewujudkan mimpi berkontribusi di Piala Dunia 2022. Meski tak dibayar, mereka mendapatkan banyak pengalaman menyenangkan.

Piala Dunia 2022 memberi kesempatan kepada siapa pun untuk terlibat di dalamnya. Para volunteer atau sukarelawan contohnya yang ikut membantu kesuksesan kejuaraan sepak bola terakbar empat tahunan ini.

Dari Indonesia, terdapat beberapa volunteer yang terlibat dalam Piala Dunia 2022. Dua di antaranya ialah Mita Yulian Sasmita, dan Andi Ronaldo atau yang biasa disapa Aldo.  

“Menjadi bagian dari FIFA itu menjadi impian saya dari Piala Dunia pertama saya tahun 1998. Dari situ saya sudah ingin terlibat event Piala Dunia,” ujar Mita menceritakan kisahnya kepada MNC Portal Indonesia di Doha, Qatar, Minggu (4/12/2022).  

“Dan saya baru mendapat jalannya pada 2016 saat FIFA membuka pendaftaran untuk Piala Konfederasi 2017 dan Piala Dunia 2018. Saya terpilih untuk keduanya. Dan pada Piala Dunia 2022 Qatar saya daftar lagi, karena saya passion-nya di situ,” ucapnya lagi. 

Andi Ronaldo dan Mita Yulian Sasmita senang bisa menjadi volunteer Piala Dunia 2022. (Foto: MNC Portal Indonesia/Abdul Haris)
Andi Ronaldo dan Mita Yulian Sasmita senang bisa menjadi volunteer Piala Dunia 2022. (Foto: MNC Portal Indonesia/Abdul Haris)

Sebagai volunteer, mereka tak dibayar. Bahkan, tiket pesawat dari Indonesia ke Qatar pun harus ditanggung sendiri.  

“Karena kita namanya relawan, jadi kita tak dibayar dengan uang tapi diberikan fasilitas yang memudahkan kita dari negara tuan rumah,” tutur Mita. 

“Di Qatar, kita dapat tempat tinggal, laundry, air minum refill gratis, transportasi juga gratis, dapat sarapan tiap hari, dan dapat makan saat kita kerja. Jadi gak usah mikirin apa-apa, semuanya sudah disediakan. Termasuk klinik kesehatan itu semua sudah ditanggung Qatar. Jadi kita tak perlu khawatir jika sakit,” katanya lagi. 

Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda