Klub Liga Brasil Kompak Ubah Stadion Sebagai Rumah Sakit Darurat

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 19:15 WIB
Klub Liga Brasil Kompak Ubah Stadion Sebagai Rumah Sakit Darurat

Rumah Sakit Darurat di Stadion (foto: okezone)

SAO PAOLO, iNews.id - Sejumlah klub papan atas Liga Brasil menawarkan stadion mereka kepada otoritas kesehatan setempat untuk dijadikan rumah sakit darurat. Tawaran tersebut sebagai bentuk dukungan klub membantu pemerintah memerangi Covid-19 di Brasil.

Operator Liga Brasil resmi menunda kompetisi sejak pekan kemarin menyusul merebaknya Covid-19 di Negeri Samba. Penundaan kompetisi membuat klub juga meliburkan kegiatan klub, serta menyebabkan stadion bakal kosong dalam waktu yang belum ditentukan.

Di saat bersamaan, otoritas kesehatan kota Sao Paolo dan Rio de Janeiro tengah berupaya memperluas kapasitas rumah sakit untuk menangani pandemi Covid-19. Cepatnya penularan virus yang menyerang pernapasan menyebabkan rumah sakit di dua kota besar tersebut tak cukup menampung jumlah pasien yang terinfeksi.

Situasi tersebut mendorong sejumlah klub Serie A Brasil menyerahkan penggunaan stadion mereka untuk menjadi rumah sakit darurat bagi pasien positif Covid-19. Seperti yang dilakukan juara Copa Libertadores, Flamengo, yang bermarkas di Rio de Janeiro membuka akses stadion Maracana kepada otoritas kesehatan setempat.

Presiden Flamengo, Rudolfo Landim, berharap gerakan ini bisa segera membantu Brasil keluar dari wabah Covid-19 yang kian mengkhawatirkan. Ia juga memberi imbauan kepada semua penggemar untuk saling membantu satu sama lain, terutama kepada para orang tua atau lansia.

“Pada momen yang suram ini, saya ingin mengundang para suporter Merah dan Hitam (Flamengo) kita yang besar untuk memberikan harapan dan bekerja untuk masa depan lebih baik. Mari kita jaga orang tua dan, bantu mereka yang paling membutuhkan,” ujar Rudolfo Landim dikutip Daily Mail.

Pihak berwenang di Sao Paulo berencana untuk memasang 200 tempat tidur di rumah sakit lapangan di stadion kota Pacaembu untuk mengurangi beban pada rumah sakit-rumah sakit di kota tersebut.

Corinthians juga melakukan langkah serupa, mereka menyediakan Stadion Itaquerao dan pusat pelatihan mereka untuk digunakan sebagai rumah sakit darurat. Santos juga mengumumkan bahwa klinik sementara akan dibangun di salah satu ruang tunggu di dalam Stadion Vila Belmiro.


Editor : Arif Budiwinarto