Kualifikasi Piala Dunia Diundur, Piala Asia U-19 dan U-16 Bagaimana?

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 12 Agustus 2020 - 18:30 WIB
Kualifikasi Piala Dunia Diundur, Piala Asia U-19 dan U-16 Bagaimana?

Pasukan Timnas Indonesia U-19 melakukan jogging pada pemusatan latihan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senin (10/8/2020). (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi mengundurkan sisa pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Pertanyaannya, bagaimana nasib Piala Asia U-19 dan U-16.

Awalnya Timnas Indonesia dijadwalkan melakoni tiga pertandingan kualifikasi melawan Thailand pada 8 Oktober, UEA pada 13 Oktober, dan Vietnam pada 12 November. Tapi pandemi virus corona membuat AFC menundanya sampai tahun depan.

Sekarang timbul pertanyaan bagaimana nasib Piala Asia U-19 yang akan berlangsung pada 14 hingga 31 Oktober di Uzbekistan? Kemudian apakah Piala Asia U-16 yang dihelat pada 25 November sampai 12 Desember mendatang juga ditunda?

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengungkapkan sampai saat ini AFC masih berencana menggelar kedua kejuaraan tersebut sesuai jadwal. Namun dia tak bisa menjamin AFC tak akan menggeser dua hajatan itu.

“PSSI mendapat informasi AFC masih menjadwalkan turnamen Piala Asia U-19 dan U-16 2020 sesuai jadwal. Namun hal tersebut bisa menjadi pembahasan di Komite Kompetisi AFC,” kata Iriawan di situs PSSI.

“Setiap federasi dan negara anggota AFC diperkenankan untuk memberikan masukan terkait kedua turnamen tersebut, hal ini sangat baik karena PSSI ada pak Endri Erawan (Exco PSSI) yang menjadi anggota Komite Kompetisi AFC,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menambahkan.

Saat ini Timnas U-19 yang berada di bawah komando Coach Shin Tae-yong sudah melakukan pemusatan latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. Sementara Timnas U-16 asuhan Bima Sakti menggelar training camp di Stadion Patriot Candrabagha, Bekasi.

Editor : Abdul Haris