Laga Atalanta Vs Valencia Dituduh Jadi Pemicu Penyebaran Virus Corona

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 13:59 WIB
Laga Atalanta Vs Valencia Dituduh Jadi Pemicu Penyebaran Virus Corona

Atalanta menang 4-1 saat hadapi Valencia di leg pertama babak 16 besar Liga Champions (Foto: AS)

BERGAMO, iNews.id - Duel Atalanta melawan Valencia di leg pertama babak 16 besar Liga Champions 20 Februari 2020 lalu diduga menjadi salah satu penyebab penyebaran virus corona. Saat virus tersebut sudah meresahkan dunia, laga Atalanta versus Valencia di Stadion San Siro justru digelar secara terbuka.

Awalnya virus corona sudah menyebar di wilayah Bergamo yang merupakan markas Atalanta. Ketika pertandingan, tim asuhan Gian Piero Gasperini menggunakan Stadion San Siro di Kota Milan sebagai kandang sementara.

Sekitar 44 ribu suporter disebut-sebut memenuhi stadion ketika Atalanta menjamu Valencia. Hal itulah yang disinyalir menjadi pemicu utama penyebaran virus corona.

“Ketika itu, tidak ada yang tahu apa yang terjadi. Pasien pertama di Italia terjangkit virus pada 23 Februari. Jika virusnya sudah tersebar, maka 40 ribu pendukung yang pergi ke San Siro dianggap tertular,” kata Gubernur Kota Bergamo, Giorgio Gori.

“Tidak ada yang tahu jika virusnya sudah tersebar di antara mereka. Banyak yang menyaksikan pertandingannya secara berkelompok dan terjadi banyak kontak. Virusnya tersebar dari satu orang ke orang lainnya,” ujarnya kepada Marca.

Kini sudah ribuan orang yang tertular corona di Italia dan juga Spanyol. Beberapa anggota tim Atalanta sudah dinyatakan positif. Terbaru kiper mereka, Marco Sportiello yang harus menjalani karantina karena terjangkit covid-19.

Kondisi lebih parah dialami Valencia. Sebanyak 35 anggota tim dipastikan tertular. Beberapa di antaranya adalah Ezequiel Garay, Jose Gaya, dan Eliaquim Mangala

Editor : Bagusthira Evan Pratama